Pertamina Minta Dukungan Pemda untuk Menerapkan BBM Satu Harga

Kompas.com - 04/04/2017, 15:30 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menyukseskan program bahan bakar minyak (BBM) Satu Harga, PT Pertamina (Persero) meminta pemerintah untuk melakukan percepatan infrastruktur penunjang agar pendistribusian BBM bisa dilakukan secara merata.

Karena untuk menyalurkan BBM bersubsidi ke seluruh pelosok tanah air, agar harganya sama dengan yang ditetapkan pemerintah, Pertamina kerap mengalami kendala akses infrastruktur.

"Untuk menjalankan program BBM satu harga banyak tantangannya, terutama infrastruktur," kata Senior Vice President Fuel Marketing and Distribution Pertamina, Gigih Wahyu Hari Irianto di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Menurut Gigih, Pertamina membutuhkan dukungan pemerintah daerah (Pemda) untuk menerapkan BBM satu harga, dengan membangun infrastruktur yang bisa menunjang pengiriman BBM, seperti jalan, jembatan maupun dermaga pelabuhan.

"Infrastruktur tolong didukung oleh pemerintah daerah, karena jika suatu daerah energinya tercukupi, maka perekonomian daerah itu akan maju," tutur Gigih.

Gigih menambahkan, untuk melaksanakan program BBM satu harga, Pertamina merencanakan pembangunan lembaga penyalur secara bertahap dalam tiga tahun, sebanyak 150 lembaga penyalur.

"Untuk BBM ada ada 150 titik badan usaha yang akan dibangun," tambahnya.

Meski tidak menyebutkan daerahnya secara rinci, namun hingga kuartal pertama ini, perseroan telah membangun 10 lembaga penyalur di berbagai titik di pelosok tanah air.

"Kuartal satu ini sudah 10, memang tidak bisa ditargetkan berapa-berapanya, karena lagi-lagi tergantung infrastruktur," pungkas Gigih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.