Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deflasi Maret Tak Kejutkan Pemerintah

Kompas.com - 04/04/2017, 15:37 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tidak kaget melihat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami deflasi pada Maret 2017 lalu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi deflasi 0,02 persen pada Maret 2017.

“Enggaklah, siapa yang bilang di luar dugaan orang?,” ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Pemerintah tutur dia, sudah mengetahui kondisi rill IHK sepanjang Maret 2017. Turunnya harga pangan yang menjadi penyebab deflasi sudah diketahui pemerintah.

“Itu kami tahu (harga) pangan sedang turun,” kata Darmin. Bahkan ucap Darmin, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk kembali menekan sejumlah harga pangan.

Diharapkan, stabilnya harga pangan bisa membuat inflasi tetap terjaga di kisaran 4 persen hingga akhir tahun. Namun ia belum mau buka-bukaan langkah apa saja yang akan ditempuh oleh pemrintah untuk mentasbilkan harga pangan. “Kami masih mau mendorong karena inflasi di pangan masih ada,” ucap Darmin.

Sebelumnya, Kepala BPS Suharyanto mengungkapkan bahwa deflasi 0,02 pada Maret di luar dugaan sejumlah pihak. termasuk para ekonom. Menurutnya sejumlah pihak memprediksi inflasi tetap terjadi meski harga pangan sedang mengalami penurunan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com