Kompas.com - 04/04/2017, 15:37 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Hotel Le Meridien, Jakarta, pada Kamis (26/1/2017). Pramdia Arhando Julianto/Kompas.comMenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Hotel Le Meridien, Jakarta, pada Kamis (26/1/2017).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution tidak kaget melihat Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami deflasi pada Maret 2017 lalu. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), terjadi deflasi 0,02 persen pada Maret 2017.

“Enggaklah, siapa yang bilang di luar dugaan orang?,” ujarnya di Kantor Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (4/4/2017).

Pemerintah tutur dia, sudah mengetahui kondisi rill IHK sepanjang Maret 2017. Turunnya harga pangan yang menjadi penyebab deflasi sudah diketahui pemerintah.

“Itu kami tahu (harga) pangan sedang turun,” kata Darmin. Bahkan ucap Darmin, pemerintah sudah menyiapkan langkah-langkah untuk kembali menekan sejumlah harga pangan.

Diharapkan, stabilnya harga pangan bisa membuat inflasi tetap terjaga di kisaran 4 persen hingga akhir tahun. Namun ia belum mau buka-bukaan langkah apa saja yang akan ditempuh oleh pemrintah untuk mentasbilkan harga pangan. “Kami masih mau mendorong karena inflasi di pangan masih ada,” ucap Darmin.

Sebelumnya, Kepala BPS Suharyanto mengungkapkan bahwa deflasi 0,02 pada Maret di luar dugaan sejumlah pihak. termasuk para ekonom. Menurutnya sejumlah pihak memprediksi inflasi tetap terjadi meski harga pangan sedang mengalami penurunan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.