Pertamina Bangun Kilang di Tuban, Bupati Minta Warga Sekitar Diprioritaskan

Kompas.com - 30/04/2017, 06:09 WIB
Ilustrasi kilang minyak AP PHOTO / GERALD HERBERTIlustrasi kilang minyak
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah Kabupaten pembangunan kilang di wilayah ini bisa memprioritaskan warga sekitar untuk menjadi tenaga kerja.

Pembangunan kilang yang menempati lahan enam desa di Kecamatan Jenu, Tuban, Jawa Timur itu tersebut merupakan hasil kerja sama antara Pertamina dan Rosneft Oil, Rusia.

Bupati Tuban, H Fathul Huda mengatakan ada banyak tenaga kerja yang dibutuhkan selama pembangunan kilang minyak baru tersebut. Karena itu masyarakat di sekitar harus menjadi prioritas dalam penyerapan tenaga kerja.

"Efek ganda akan dirasakan oleh masyarakat, mulai dari pembangunan hingga beroperasinya kilang minyak termegah dan termodern di kawasan Asia," ujar Fathul Huda dalam keterangan resminya pekan ini.

Karena itu, Tuban menyambut rencana Pertamina yang memilih Tuban sebagai lokasi kilang minyak baru.

"Pemerintah Kabupaten Tuban serta masyarakat dari 6 desa di sekitar lokasi kilang minyak mendukung pembangunan mega proyek kilang minyak baru di Tuban. Ini merupakan mega proyek strategis bagi bangsa," tegas H Fathul Huda.

Tidak hanya di bidang ekonomi, di bidang pendidikan pun juga akan dirasakan oleh masyarakat. Sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan, Pertamina akan memberikan beasiswa dan pelatihan bagi para pelajar di Tuban.

"Diharapkan, nantinya, akan ada tenaga trampil di bidang perminyakan dari Tuban," ujar Fathul Huda.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.