Kompas.com - 17/05/2017, 05:30 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com - Yunani kembali masuk ke jurang resesi untuk pertama kalinya sejak tahun 2012.

Menurut data Eurostat, produk domestik bruto (PDB) alias pertumbuhan ekonomi Yunani anjlok 0,1 persen pada kuartal I 2017.

Pada kuartal IV 2016, pertumbuhan ekonomi Yunani merosot 1,2 persen. Mengutip BBC, Rabu (17/5/2017), saat ini Yunani masih berusaha keras memperoleh dana talangan atau bailout baru dari debitur internasional.

Di Yunani saat ini tengah terjadi demonstrasi industri yang menentang pemangkasan dana pensiun dan kenaikan pajak. Aksi unjuk rasa tersebut berlangsung selama dua hari.

Pemerintah Yunani berharap pembayaran utang dapat disetujui pada pertemuan menteri-menteri keuangan kawasan Eropa pada 22 Mei 2017 mendatang.

Menurut kepala ekonom IHS Markit Howard Archer, kembalinya Yunani ke kondisi resesi disebabkan adanya ketidakpastian terkait bailout.

"Kesepakatan antara Yunani dan para kreditur telah disepakati pada awal Mei. Dengan kreditur Uni Eropa kini menyetujui injeksi teranyar dana talangan, maka Komisi Eropa mengekspektasikan pertumbuhan ekonomi bsa kembali ke 2,6 persen tahun ini," ujar Archer.

Menurut data Eurostat, kawasan Uni Eropa secara keseluruhan mengalami keberlanjutan pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi Uni Eropa mencapai 2 persen pada kuartal I 2017 dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di kawasan Eropa, negara-negara yang pertumbuhan ekonominya paling pesat per kuartal I 2017 antara lain Latvia, Lithuania, dan Portugal, yang tumbuh 1 persen pada kuartal I 2017.

Sementara itu, Jerman yang merupakan ekonomi terbesar Eni Eropa mencatatkan pertumbuhan ekonomi 0,6 persen. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.