Dapat Opini "Disclaimer", Menteri Susi Akan Perbaiki Tata Kelola Keuangan KKP

Kompas.com - 01/06/2017, 05:30 WIB
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti di Kantor KKP, Rabu (31/5/2017).  KOMPAS.com/ACHMAD FAUZIMenteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti di Kantor KKP, Rabu (31/5/2017). 
Penulis Achmad Fauzi
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiatuti berjanji akan memperbaiki tata kelola keuangan Kementerian Kelautan Perikanan ( KKP).  Sebelumnya, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) memberikan opini tidak menyatakan pendapat atau disclaimer tehadap laporan keuangan KKP 2016.

"Opini disclaimer akan kita perbaiki, KKP selalu mencoba berbuat seefektif dan seefisien mungkin," ujar Susi di Kantor KKP, Rabu (31/5/2017). 

Menteri Susi mengungkapkan, meskipun mendapatkan opini disclaimer, KKP telah melakukan penghematan anggaran yang cukup besar mencapai Rp 6,6 triliun.

"Ini penghematan luar biasa, dengan menghilangkan program-program yang nggak perlu. Ada persoalan kapal, ada urusan tanah nanti kita akan pelajari dan perbaiki, itu saja," pungkas dia. 

Dalam mengaudit laporan keuangan KKP tahun 2016, BPK menemukan beberapa pertanggungjawaban yang tidak memenuhi standard akuntansi. Salah satunya, pada pengadaan kapal untuk para nelayan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X