Mudik, Bank BUMN Ramai-ramai Jual Uang Elektronik di Gerbang Tol

Kompas.com - 14/06/2017, 22:55 WIB
Gerbang tol Banyumanik pada ruas tol Semarang - Bawen Otomania/Setyo AdiGerbang tol Banyumanik pada ruas tol Semarang - Bawen
|
EditorMuhammad Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) bersama perbankan menargetkan pengaplikasian uang elektronik untuk pembayaran di gerbang tol pada 1 Oktober 2017. Oleh sebab itu, periode mudik Lebaran dijadikan masa uji coba penggunaan uang elektronik untuk pembayaran tol.

Direktur PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Ogi Prastomiyono mengungkapkan, bank-bank BUMN yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Milik Negara (Himbara) akan menyediakan uang elektronik bagi pemudik. Caranya adalah dengan menjual kartu perdana uang elektronik di jalur mudik.

"Ini dilakukan di beberapa gate (gerbang tol)," kata Ogi dalam konferensi pers di Bank Indonesia, Rabu (14/6/2017).

Ogi menjelaskan, Bank Mandiri akan mengerahkan tenaga penjual yang akan menjajakan kartu perdana uang elektronik di gerbang tol. Kartu ini diperuntukkan bagi para pemudik yang belum memiliki kartu uang elektronik.

Selain itu, Bank Mandiri juga akan memberikan diskon berupa bebas biaya penerbitan kartu sebesar Rp 10.000. Adapun sesuai ketentuan Bank Indonesia (BI), isi dari uang elektronik tidak boleh didiskon.

Bank Mandiri menargetkan penjualan uang elektronik sebanyak 50.000 keping kartu selama periode mudik. Adapun jumlah uang elektronik Bank Mandiri saat ini sudah mencapai 9,7 juta keping.

Pada kesempatan yang sama, Direktur PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Bob Tyasika Ananta menyatakan, BNI juga akan mempersiapkan uang elektronik untuk dapat digunakan oleh pemudik yang menggunakan jalan tol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami menyediakan antara 50.000 sampai 60.000 kartu Tapcash BNI," ujar Bob.

Sementara itu, Senior Executive Vice President (SEVP) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Agus Noorsanto menyatakan, kartu uang elektronik Brizzi yang beredar saat ini mencapai 6,4 juta keping. Targetnya, BRI akan memiliki 7 juta kartu Brizzi yang beredar di masyarakat.

"Untuk periode Lebaran, kami mengharapkan bisa menyebar 100.000 keping," tutur Agus.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X