Setelah 41 Tahun, McDonald's Stop Sponsori Olimpiade

Kompas.com - 18/06/2017, 09:29 WIB
Pramusaji melayani pembagian 1.000 cihicken muffin di McDonalds national breakfast day Kompas.com/Silvita AgmasariPramusaji melayani pembagian 1.000 cihicken muffin di McDonalds national breakfast day
|
EditorAprillia Ika

NEW YORK, KOMPAS.com - Raksasa jaringan restoran cepat saji McDonald's mengakhiri kerja sama jangka panjang sponsor dengan Komite Olimpiade Internasional (IOC). Penghentian kerja sama ini tiga tahun lebih cepat dari jadwal seharusnya.

Mengutip BBC, Minggu (18/6/2017), McDonald's menyatakan telah mempertimbangkan kembali seluruh aspek bisnis dengan IOC. Ini adalah bagian dari rencana untuk kembali memperkuat bisnis McDonald's.

Adapun pihak IOC menyatakan memahami bahwa McDonald's saat ini tengah berupaya untuk fokus pada prioritas bisnis yang lain. Kerja sama sponsor antara McDonald's dengan IOC dimulai sejak 41 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1976.

"Atas dasar alasan-alasan ini, kami telah sepakat dengan McDonald's untuk berpisah (mengakhiri kerja sama sponsor," ujar pihak IOC.

Adapun Olimpiade selanjutnya akan digelar di Jepang pada tahun 2020 mendatang. Sebelumnya pada tahun 2012 lalu, McDonald's memperpanjang kesepakatan sponsor Olimpiade untuk delapan tahun.

Sebagai sponsor kategori "Top Partner," McDonald's kabarnya menggelontorkan 100 juta dollar AS untuk setiap kesepakatan dua permainan baik pada Olimpiade musim panas maupun musim dingin.

Meski akan berakhir secepatnya, namun McDonald's akan tetap menjadi sponsor pada Olimpiade musim dingin di PyeongChang pada tahun 2018. Selain McDonald's, beberapa perusahaan yang juga mengakhiri kerja sama sponsor dengan Olimpiade adalah Budweiser, grup jaringan hotel Hilton, dan raksasa telekomunikasi AS AT&T.

"Sebagai bagian dari rencana pertumbuhan kami, kami telah kembali mempertimbangkan seluruh aspek bisnis kami dan telah menghasilkan keputusan terkait kerja sama dengan IOC untuk fokus pada prioritas yang lain," kata Direktur Pemasaran Global McDonald's Silvia Lagnado. 

(Baca: Kinerja Melorot, McDonald Berencana Jual Sahamnya di ChinaP

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X