Bergaul Dengan Tipe Orang Ini Bisa Bikin Anda Bangkrut

Kompas.com - 26/06/2017, 16:30 WIB
Ilustrasi THINKSTOCKIlustrasi
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Manajemen keuangan yang baik sangat diperlukan bila memiliki kekayaan harta yang berlimpah atau pas-pasan. Banyak hal yang bisa mempengaruhi Anda dalam kehidupan ini, salah satunya ialah teman sepergaulan.

Anda akan mendapat kesulitan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik apabila menghabiskan waktu dengan orang yang salah. Perlu diketahui, kerabat dan lingkungan sekitar ternyata memiliki dampak yang besar bagi kebiasaan yang dilakukan sehari-hari, termasuk dalam mengelola keuangan.

Tanpa disadari, ada beberapa tipe orang yang bisa mengancam keuangan. Bisa dari kelompok teman, pasangan atau anggota keluarga Anda. Oleh karena itu, Anda perlu waspada dan mengenali siapa saja mereka yang mungkin ada dalam kehidupan. Simak uraian mengenai orang-orang jenis ini di sini.

1. Kerabat yang Suka Meminjam Uang

Anda perlu berhati-hati jika memiliki teman atau kerabat yang suka meminjam uang. Hari-hari mereka dipenuhi dengan cerita soal masalah keuangan mereka yang tidak kunjung membaik. Anda bisa saja menjadi sasaran mereka untuk meminjam uang guna menutupi kebutuhan mereka.

Sesekali saja tidak ada salahnya jika meminjami mereka uang. Namun, bergaul dengan tipe orang seperti itu lama-kelamaan akan memberi kerugian. Kebiasaan mereka meminjam uang bisa saja tidak berhenti dilakukan. Belum lagi mereka yang tidak pasti bisa melunasi semua utangnya pada Anda. Padahal di satu sisi, Anda juga memiliki kebutuhan finansial yang harus dipenuhi.

2. Orang Matre

Tipe orang kedua yang bisa membuat bangkrut yaitu tipe orang matre. Hindari sebisa mungkin untuk tidak bergaul apalagi berpasangan dengan tipe orang matre. Karena mereka tidak segan meminta uang kepada Anda guna memenuhi kebutuhannya. Bahkan mereka lebih tertarik pada berapa banyak kekayaan yang dimiliki daripada kepribadian Anda.

Orang-orang matre cenderung konsumtif dan menyukai gaya hidup serba mewah dan praktis. Tentu tidak sedikit uang yang harus dikeluarkan. Bahkan cenderung boros dan tidak berpikir panjang. Jika memiliki teman dengan tipe matre, kemungkinan besar Anda juga akan tertarik dengan gaya hidup mereka yang serba boros.

3. Keluarga yang Tidak Bertanggung Jawab

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X