Pimpinan Negara G20 Akan Bertemu di Jerman, Apa yang Dibicarakan?

Kompas.com - 30/06/2017, 19:45 WIB
Bendera negara-negara anggota G20 www.globalresearch.caBendera negara-negara anggota G20
|
EditorMuhammad Fajar Marta

HAMBURG, KOMPAS.com - Pimpinan negara-negara anggota G20 akan mengadakan pertemuan pada pekan depan di Hamburg, Jerman. Kira-kira, apa saja yang akan dibicarakan para pemimpin 20 negara ekonomi terbesar di dunia tersebut?

Salah satu hal yang kemungkinan dibicarakan adalah mengenai perubahan iklim yang sebelumnya disepakati di Paris, Perancis. Kanselir Jerman Angela Merkel dipastikan bakal mengonfrontasi Presiden AS Donald Trump terkait keputusannya untuk tak sepakat dalam Perjanjian Paris.

Trump sendiri dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin. Ini adalah pertemuan pertama dengan Putin sejak Trump menjabat presiden AS.

Mengutip Telegraph, Jumat (30/6/2017), Merkel menyatakan negosiasi dengan Trump dipastikan bakal sulit. Akan tetapi, ia menegaskan akan mengirimkan sinyal-sinyal sebelum negosiasi tersebut dilakukan.

"Siapapun yang memercayai bahwa permasalahan di dunia ini bisa diselesaikan dengan isolasi dan proteksionisme adalah hal yang salah," ujar Merkel.

Merkel dan beberapa pemimpin Eropa lainnya yang tergabung dalam G20 sepakat berada pada posisi yang sama terkait perubahan iklim. Beberapa pemimpin tersebut antara lain Perdana Menteri Inggris Theresa May dan Presiden Perancis Emmanuel Macron.

Para pemimpin tersebut sepakat untuk bekerja sama terkait perubahan iklim dan perdagangan bebas. Macron menuturkan, dirinya berharap AS akan kembali mempertimbangkan keputusannya mengenai Perjanjian Paris.

"Akan tetapi, para pemimpin Eropa tidak akan mencoba untuk mengisolasi Presiden Trump pada pertemuan," tutur Macron.

India dan China yang juga tergabung dalam G20 juga telah menyatakan dukungannya terhadap Perjanjian Paris. Mereka menyatakan bakal menghormati komitmen yang ada meski tidak ada partisipasi AS.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X