Qatar Akan Patuhi Aturan Baru AS Soal Keamanan Penerbangan

Kompas.com - 01/07/2017, 18:00 WIB
Pesawat milik Qatar Airways saat akan mendarat di Los Angeles, Amerika Serikat.  AFP/FREDERIC J. BROWNPesawat milik Qatar Airways saat akan mendarat di Los Angeles, Amerika Serikat.
|
EditorAprillia Ika

MONTREAL, KOMPAS.com - Pemerintah Qatar menyatakan bakal mematuhi peningkatan prosedur pengamanan bagi penerbangan ke AS. Pengetatan aspek keamanan itu terkait pula dengan larangan membawa laptop ke dalam kabin pesawat.

Mengutip Reuters, Sabtu (1/7/2017), prosedur keamanan tersebut menurut pejabat AS dan Uni Eropa akan berlaku dalam tiga pekan. Salah satu hal yang bakal dilakukan adalah kewajiban tambahan waktu untuk memeriksa penumpang dan perangkat elektronik pribadi terkait kemungkinan terjadinya ledakan.

"Kami akan menghormati itu (aturan baru tentang prosedur keamanan)," ujar Menteri Transportasi Qatar Jassim Saif Al Sulaiti di sela-sela pertemuan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) di Montreal, Kanada.

Pada pertemuan itu, Al Sulaiti kembali mengajukan permohonan Qatar agar ICAO melakukan intervensi terkait penutupan wilayah udara negara-negara tetangga terhadap maskapai Qatar Airways. Penutupan itu dilakukan sejak awal Juni 2017.

Qatar juta meminta ICAO membuka wilayah udara di sekitar perairan Teluk yang saat ini dikelola oleh Uni Emirat Arab (UEA). Akibat pemutusan hubungan diplomatik oleh UEA, Arab Saudi, Bahrain, dan Mesir, Qatar Airways terpaksa terbang lebih lama dan mahal melewati Iran.

Keempat negara tersebut menuduh Qatar mendukung kegiatan terorisme dan membuat permintaan macam-macam kepada Qatar. Pemerintah Qatar menampik semua tuduhan tersebut.

ICAO pun memberikan pengarahan kepada anggota-anggotanya terkait keamanan dan efisiensi lalu lintas udara di kawasan Timur Tengah.

Para anggota menyatakan ketegangan diplomatik tak menimbulkan kecemasan terkait keselamatan karena maskapai non-Qatar masih bisa terbang ke Qatar. 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X