Dongkrak Ekonomi Daerah, 300 Pemuda Bangka Belitung Dikirim ke Taiwan

Kompas.com - 12/07/2017, 18:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Sedikitnya 300 lulusan SMA/SMK sederajat di Kepulauan Bangka Belitung disiapkan untuk mengikuti program kuliah S1 sekaligus magang kerja di Taiwan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Bangka Belitung, M Soleh, mengatakan, peserta terpilih akan berada di Taiwan selama 4 tahun.

“Ini awal yang baik sebagai bentuk kepercayaan terhadap lulusan daerah. Jika ini bisa sukses, kerja sama akan diperluas dengan negara lainnya,” kata M Soleh, Rabu (12/7/2017).

Tercatat sebanyak 60 lulusan SMA/SMK telah mendaftarkan diri. Kriteria peserta antara lain lulus tes kesehatan, mengantongi izin visa serta bersedia menandatangani surat kontrak.

Nota kesepahaman langsung ditandatangani Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dan pihak kampus serta perusahaan asal Taiwan pada Rabu (12/7/2017) di kantor gubernur Bangka Belitung.

Menurut M Soleh, pihaknya melakukan sosialisasi karena masih banyak keraguan di kalangan orang tua untuk melepas anak mereka ke luar negeri.

Program kerja sama luar negeri, dinilai momen yang tepat di tengah melambatnya pergerakan ekonomi daerah. Kepulauan Bangka Belitung kini dituntut mencari sektor ekonomi alternatif selain industri tambang timah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.