Tiket AirAsia Timbul-Tenggelam di Traveloka dan Tiket.com, Ada Apa?

Kompas.com - 04/03/2019, 07:33 WIB
IlustrasiFREEPIK.com/STOCKSNAP Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tiket penerbangan maskapai AirAsia kembali tidak tersedia di agen perjalanan daring (online travel agent/OTA) Traveloka dan Tiket.com pada Sabtu (2/3/2019). Padahal, hal serupa baru saja terjadi beberapa minggu lalu.

Saat hilang di beberapa aplikasi penyedia perjalanan online dua minggu lalu, AirAsia Indonesia sempat mengindikasikan adanya intervensi oleh kompetitor kepada OTA.

Direktur Niaga AirAsia Rifai Taberi meyebut, ada perintah dari kompetitor yang bersifat menekan OTA.

"Kami melihat adanya indikasi, adanya perintah yang memberikan tekanan kepada OTA," kata Rifai Taberi seperti dilansir Antara di Jakarta, Minggu (17/2/2019).

Baca juga: Soal Tiket AirAsia Menghilang, Begini Respons Traveloka

Sementara terkait hilangnya tiket mereka saat ini, Head of Communications AirAsia Indonesia Baskoro Adiwiyono yang dikonfirmasi Kompas.com menyatakan telah menghubungi pihak OTA, tetapi tidak ada tanggapan.

"Iya. Hilang lagi. Sudah, kami sudah mencoba menghubungi pihak OTA langsung, tetapi memang tidak ada tanggapan atas e-mail, pesan singkat, maupun panggilan telepon kami," ujarnya, Minggu (3/3/2019).

Sementara Rifai melalui akun Facebooknya mengutarakan hal serupa. Dirinya mengaku kesulitan untuk menghubungi pihak OTA dan mempertanyakan sikap OTA tersebut.

"Beberapa upaya komunikasi kami lakukan, tetapi belum ada respons dari pihak terkait. Ditelepon pun tidak menjawab, Mungkin pertanyaan yang lebih tepat, “Ada apa dengan mereka?" ujarnya seperti dikutip dari akun Facebooknya, Minggu (3/3/2019).

Rifai menyatakan kecewa dengan sikap kedua penyedia jasa OTA tersebut. Ditambah pula, pihak OTA hanya memberikan penjelasan birokratis ketika pelanggan mempertanyakan ketiadaan tiket AirAsia.

Traveloka ketika dihubungi Kompas.com menyebut sudah menghubungi pihak AirAsia. Namun, PR Manager Traveloka Busyra Oryza mengaku kesulitan melakukan komunikasi dengan AirAsia Indonesia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X