Kemenhub Prediksi Bus Akan Jadi Primadona Mudik Lebaran 2019

Kompas.com - 22/03/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi mudik lebaran. KOMPAS.com/Aldo FenalosaIlustrasi mudik lebaran.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi pemudik yang menggunakan moda transportasi bus akan meningkat pada periode mudikLebaran 2019.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi memprediksi kenaikan ini dipengaruhi karena tiket pesawat yang mahal dan sudah beroperasinya Tol Trans Jawa.

“Perkiraan saya nanti bus jadi unggulan selain kereta api. (Penumpang) pesawat kalau kita lihat terjadi penurunan,” ujar Budi di kantornya, Jakarta, Kamis (21/3/2019).

Baca juga: Kemenhub Berangkatkan 54.000 Orang dalam Mudik Gratis Lebaran 2019

Budi menambahkan, pada 2018 lalu jumlah penumpang bus mencapai 4,51 juta orang. Tahun ini diprediksi meningkat hingga 4,6 juta orang.

“Kami prediksi naiknya (penumpang bus) 1 sampai 2 persen,” kata Budi.

Senada dengan Budi, Sekretaris Badan Litbang Perhubungan Rosita Sinaga mengakui bahwa ada penurunan penumpang pesawat pada tahun ini. Hal tersebut dikarenakan masyarakat ingin menjajal Tol Trans Jawa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rencanakan Anggaran Mudik agar Tak Menguras Kantong

“Yang paling terlihat adalah Tol Trans Jawa dari sebelum dan sesudah dioperasikan. Jadi orang tampaknya ingin mencoba betapa enaknya dari Jakarta dan Surabaya, sehingga penurunan itu terjadi," kata Rosita.

Sementara itu, Sekretaris Ditjen Perhubungan Udara Nur Isnin Istiartono membantah adanya penurunan penumpang pesawat pada tahun ini. Menurut dia, penumpang pesawat tetap akan meningkat, tetapi tak akan sebesar tahun lalu.

“Dari tahun lalu itu ada 7 persen, sementara tahun ini 3,17 persen,” tutur Nur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.