Simak Tips Atur Uang Bersama Pasangan

Kompas.com - 28/03/2019, 13:35 WIB
Ilustrasi Thinkstockphotos.comIlustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda berkeluarga, mulailah mengatur uang dengan pasangan Anda. Karena mengatur uang dan pengambilan keputusan bersama pasangan akan berdampak baik terhadap keuangan Anda di masa depan.

Berikut ini 5 tips yang bisa Anda lakukan bersama pasangan dalam mengatur uang dilansir dari CNBC, Kamis (28/3/2019).

1. Mulai dari yang kecil

"Untuk memulai, percakapan mengenai masalah finansial tidak harus lama. Mereka dapat membicarakannya sesingkat mungkin dari 5 hingga 10 menit," kata Kathleen Burns Kingsbury, pakar psikologi kekayaan di KBK Wealth Connection dilansir dari CNBC, Kamis (28/3/2019).

Mulailah dengan membahas pikiran dan apa yang ingin Anda lakukan dengan uang. Dalam percakapan singkat tersebut, pastikan tidak ada yang salah dalam mengatur keuangan.

2. Tetap terlibat

Dalam merencanakan keuangan, pasangan harus selalu terlibat. Jangan tergoda untuk menyerahkan semuanya kepada pasangan Anda dan membiarkan dia mengurus sendirian.

"Kedua belah pihak dari pasangan harus tahu apa yang terjadi setiap saat. Tidak apa-apa bila ada beberapa pertengkaran kecil, asal Anda tahu kemana uang itu harus digunakan," kata Kingsbury.

Mengatur keuangan bersama juga bukan berarti Anda harus melakukan semua kegiatan bersama pasangan. Tapi, pastikan untuk menjadwalkan check-in bulanan sehingga Anda berdua dapat mengetahui dimana salahnya.

3. Bersedia untuk berkompromi

Pasangan seringkali menemui jalan buntu ketika mereka memiliki sumber uang yang terbatas sementara tujuannya berbeda.

"Seseorang mungkin menginginkan mobil baru. Yang lain mungkin ingin mempercantik ruang keluarga. Apapun yang terjadi, jangan katakan 'ayo lakukan keduanya'," kata Stuart Ritter, perencana keuangan senior di T. Rowe Price dilansir dari CNBC, Kamis (28/3/2019).

Cobalah untuk membuat rencana tujuan berurutan dari yang paling penting mana yang harus ditangani bersama terlebih dulu.

4. Bicarakan Keraguan Anda

Bila suami atau pasangan Anda merencanakan sesuatu namun Anda ragu untuk merencanakan lebin lanjut, katakanlah kepada pasangan Anda.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X