Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Maskapai Korean Air Tutup Usia

Kompas.com - 08/04/2019, 17:48 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber BBC

SEOUL, KOMPAS.com - Pimpinan dan pemilik maskapai penerbangan asal Korea Selatan, Korean Air Cho Yang Ho diwartakan meninggal dunia di Amerika Serikat. Kabar wafatnya cho dikonfirmasi oleh Korean Air.

Dalam pernyataan resmi seperti dikutip dari BBC, Senin (8/4/2019), Cho meninggal dunia dalam usia 70 tahun. Ia wafat di sebuah rumah sakit di Los Angeles, AS pada Minggu (7/4/2019).

Kepemimpinan Cho, yang juga pimpinan raksasa logistik Hanjin Group, diwarnai oleh sejumlah skandal keluarga. Ini termasuk skandal yang diperbuat oleh sang putri yang juga menduduki jabatan di Korean Air.

Baca juga: Konglomerat Pemilik Korean Air Pecat Dua Putrinya yang Pemarah

Cho pun didakwa karena tindak pidana korupsi. Ia melepas jabatan sebagai pimpinan Korean Air pada Maret 2019 lalu.

Pada tahun 2014 silam, keluarga Cho menjadi sorotan dunia internasional setelah insiden "kacang" yang melibatkan putri tertuanya, Cho Hyun Ah yang juga dikenal dengan nama Heather Cho. Cho berada dalam penerbangan Korean Air dari New York menuju Seoul ketika kacang makadamia yang disajikan kepadanya dikemas dalam paket, bukan di piring.

Cho menyuruh pilot untuk mengarahkan pesawat kembali ke terminal. Pemimpin awak kabin pun didepak.

Putri Cho yang lain, Cho Hyun Min, meninggalkan posisinya di Korean Air setelah menyiram air ke wajah rekan kerjanya saat rapat.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com