Kompas.com - 26/05/2019, 10:20 WIB
Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DTerminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok

JAKARTA, KOMPAS.com - Ribuan pemudik gratis diberangkatkan menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok ke Batam dengan kapal penumpang KM Kelud pada Minggu (26/5/2019) dini hari.

Ini merupakan program mudik gratis yang difasiltasi oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau Pelindo II/IPC.

“Ini untuk pertama kalinya IPC memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut," ujar Direktur SDM IPC, Rizal Ariansyah dalam siaran pers, Jakarta.

"Ternyata tahun ini animo warga untuk pulang kampung dengan kapal laut cukup tinggi,” sambung dia.

Tidak hanya Batam, IPC juga memfasilitasi mudik gratis dengan kapal laut tujuan Surabaya. Pelepasan pemudik tujuan Surabaya akan dilakukan 29 Mei 2019.

IPC kata Rizal, menyiapkan sekitar 2.000 tiket gratis untuk warga Jakarta menggunakan kapal tahun ini. Diharapkan program ini menjadi alternatif mahalnya harga tiket pesawat.

Selain dengan kapal laut, IPC juga memfasilitasi mudik gratis bagi 22.000 warga Jakarta dan sekitarnya dengan fasilitas bus berstandar pariwisata tahun ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rencananya para pemudik akan diberangkatkan serentak dari Tanjung Priok tanggal 29 Mei, dengan tujuan 16 kota di Jawa dan Sumatera.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.