Pelni Sosialisasikan Layanan Check-in Mandiri di Pelabuhan Makassar

Kompas.com - 04/09/2019, 20:42 WIB
Ilustrasi kapal Pelni PELNI (Persero)Ilustrasi kapal Pelni

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia ( Pelni) mensosialisasikan layanan check-in mandiri di terminal penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Rabu (4/9/2019).

Layanan check-in mandiri PT Pelni sendiri saat ini sudah hadir di tujuh kota di Indonesia.

Kepala Kesekretarian Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menjelaskan, layanan check-in mandiri merupakan peningkatan layanan yang ditujukan untuk mempercepat proses embarkasi penumpang di terminal keberangkatan.

"Dalam sekali keberangkatan, kapal Pelni bisa memproses check-in hingga seribuan penumpang, dan ini memakan waktu. Karena itu, untuk mempercepat proses check-in, selain dibantu petugas di konter, penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass di mesin check-in mandiri," ujar Yahya dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Sementara itu, Vice President PT Pelni Sukendra mengatakan, layanan check-in mandiri saat ini sudah hadir di tujuh kota, yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Bitung.

"Kehadiran mesin check-in mandiri kami lakukan bertahap di tujuh kota dari Agustus kemarin hingga HPN 2019 ini. Target kami, di akhir semester 1 2020, layanan check-in mandiri sudah bisa dirasakan seluruh penumpang kami di 45 pelabuhan yang melayani kapal Pelni di Indonesia," kata dia.

Sukendra menambahkan, layanan check-in mandiri sendiri menjadi kelanjutan program digitalisasi layanan PT Pelni sejak meluncurkan aplikasi booking tiket, Pelni Mobile Apps, di tahun 2018. Digitalisasi layanan PT PELNI juga semakin lengkap dengan pembelian dan pembayaran tiket di seluruh ATM BRI, Alfamart dan Indomaret se-Indonesia.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X