Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelni Sosialisasikan Layanan Check-in Mandiri di Pelabuhan Makassar

Kompas.com - 04/09/2019, 20:42 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) mensosialisasikan layanan check-in mandiri di terminal penumpang Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Rabu (4/9/2019).

Layanan check-in mandiri PT Pelni sendiri saat ini sudah hadir di tujuh kota di Indonesia.

Kepala Kesekretarian Perusahaan PT Pelni Yahya Kuncoro menjelaskan, layanan check-in mandiri merupakan peningkatan layanan yang ditujukan untuk mempercepat proses embarkasi penumpang di terminal keberangkatan.

"Dalam sekali keberangkatan, kapal Pelni bisa memproses check-in hingga seribuan penumpang, dan ini memakan waktu. Karena itu, untuk mempercepat proses check-in, selain dibantu petugas di konter, penumpang bisa mencetak sendiri boarding pass di mesin check-in mandiri," ujar Yahya dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Sementara itu, Vice President PT Pelni Sukendra mengatakan, layanan check-in mandiri saat ini sudah hadir di tujuh kota, yaitu Medan, Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Ambon, dan Bitung.

"Kehadiran mesin check-in mandiri kami lakukan bertahap di tujuh kota dari Agustus kemarin hingga HPN 2019 ini. Target kami, di akhir semester 1 2020, layanan check-in mandiri sudah bisa dirasakan seluruh penumpang kami di 45 pelabuhan yang melayani kapal Pelni di Indonesia," kata dia.

Sukendra menambahkan, layanan check-in mandiri sendiri menjadi kelanjutan program digitalisasi layanan PT Pelni sejak meluncurkan aplikasi booking tiket, Pelni Mobile Apps, di tahun 2018. Digitalisasi layanan PT PELNI juga semakin lengkap dengan pembelian dan pembayaran tiket di seluruh ATM BRI, Alfamart dan Indomaret se-Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com