Jaga Keamanan Laut dari Terorisme, Susi Gandeng BNPT

Kompas.com - 10/09/2019, 13:05 WIB
Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius dalam penandatanganan MoU di Gedung KKP Jakarta, Selasa (10/9/2019) KOMPAS.com/FIKA NURUL ULYAMenteri KKP Susi Pudjiastuti dan Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius dalam penandatanganan MoU di Gedung KKP Jakarta, Selasa (10/9/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian dan Perikanan ( KKP) bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersinergi dalam menjaga keamanan laut dari serangan terorisme dan sejenisnya.

Adapun kerja sama dan sinergitas ini ditandai oleh penandatanganan MoU antara KKP dengan BNPT di Gedung Mina Bahari IV, KKP, Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, penandatanganan MoU menjadi langkah paling penting dalam sebuah kerja sama untuk menyatukan komitmen dan menegakkan birokrasi antar pihak.

"Mou antara instansi memang seharusnya dilakukan untuk mempermudah birokrasi maupun sebagai wadahnya. Supaya ke depannya lebih mudah dan tinggal jalan saja," kata Menteri Susi Pudjiastuti di Jakarta, Selasa (10/9/2019).

Baca juga: Saat Luhut dan Susi Pamit...

Apalagi, kata Susi, laut Indonesia begitu luas dari Miangas sampai Pulau Rote. Bila tidak dijaga, ini akan mengancam keamanan. Sebab biasanya, pengiriman senjata dan underground ekonomi biasa lolos dari jalur laut.

"Dulu setahu saya, persoalan GAM dan Poso senjata logistik mereka untuk terus melawan TNI dan polisi dikirim dari jalur laut. Underground ekonomi juga banyak yang lolos dengan jalur laut karena 90 persenan perbatasan darat kita adalah laut," ucap Susi.

Menurut dia, menjaga laut adalah satu-satunya solusi karena laut tidak bisa dibentengi dan dipagari. Pun perang ke depan bukan lagi soal ideologi ataupun politik, tapi soal kecukupan energi dan ketahanan pangan yang salah satunya bisa dipertahankan dengan menjaga laut.

Baca juga: Ketika Menteri Susi Minta Maaf dan Akui Dirinya Sedikit Tengil...

Kepala BNPT Komjen Suhardi Alius menyambut baik kerjasamanya dengan KKP. Dia bilang, saat itu tidak ada satupun sektor maupun ruang yang aman dari tindak terorisme karena majunya teknologi.

"Kita perlu pencegahan terorisme di sektor kelautan. Kita tahu semua lini sudah bisa dimasuki terorisme dimana itu ada kemajuan teknologi. Di manapun ruangnya, apapun instansinya, termasuk keluarga dan lingkungan kita bisa saja dimasuki terorisme. Oleh karena itu kita butuh sinergitas," ungkap Suhardi Alius.

Dia berharap, kerja sama ini adalah jalan terbaik yang bisa ditempuh bersama dengan KKP.

"Mudah-mudahan apa yang kami kerjakan saat ini mendapat ridha dari Allah," ucap dia.

Baca juga: Diajak Perang Gubernur Maluku, Ini Jawaban Menteri Susi

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X