Garuda-Lion Bangun Bengkel Pesawat di Batam, RI Bisa Kalahkan Singapura

Kompas.com - 10/10/2019, 13:23 WIB
Batam Aero technic bersama GMF segera membangun 8 hanggar di Batam dok Lion Air GroupBatam Aero technic bersama GMF segera membangun 8 hanggar di Batam

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution meyakini industri Maintenance, Repair, and Overhaul ( MRO) atau bengkel pesawat Indonesia akan mengalahkan Singapura.

Hal ini menyusul rencana kerja sama antara Garuda Indonesia Group dan Lion Air Group membangun hanggar MRO pesawat di Batam. Nantinya kawasan itu akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) MRO.

"Dengan adanya ini (MRO) sih harusnya bisa yang jadi paling besar di kawasan (Asia Tenggara)," ujar Darmin dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Perekonomian, Jalarta, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Garuda Maintenance Facility akan Bangun Bengkel Pesawat di Batam

Selama ini kata Darmin, industri MRO di Asia Tenggara masih milik Singapura. Bahkan pesawat-pesawat dari maskapai Indonesja juga kerap ke Singapura untuk perawatan pesawat.

Namun bila MRO Garuda Indonesia dan Lion Air dibangun di Batam, maka pesawat-pesawat yang membutuhkan perawatan serius tidak perlu lagi ke Singapura.

Darmin yakin MRO di Batam akan mengalahkan MRO di Singapura sebab akan didukung oleh perawatan turbin pembangkit listrik asal Indonesia.

Baca juga: Ungguli AS, Singapura Jadi Negara Paling Kompetitif di Dunia

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X