Awas, Jangan Tutup Kartu Kredit bila Anda Masih Begini!

Kompas.com - 23/11/2019, 10:00 WIB
Ilustrasi kartu kredit ShutterstockIlustrasi kartu kredit

KOMPAS.com - Menutup kartu kredit sering jadi pertimbangan banyak orang, terutama mereka yang menilai langkah ini perlu diambil guna memperbaiki keuangan. Karena kartu kredit dianggap sebagai salah satu penyebab tingginya pembelanjaan, meski sejatinya anggapan ini tidak sepenuhnya benar.

Pada dasarnya jika digunakan dengan cara yang tepat, kartu kredit akan memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya. Meski Anda berniat melakukan resolusi keuangan dan menghindari pemborosan, menutup kartu kredit tentu bukan satu-satunya pilihan yang tepat.

Ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan dengan matang, sebelum akhirnya Anda melakukan penutupan kartu kredit Anda. Selain kehilangan manfaat dan keuntungan, penutupan kartu kredit mungkin saja membuat Anda mengalami masalah.

Jadi, sebaiknya jangan tutup kartu kredit terlebih dahulu bila Anda masih melakukan gaya hidup seperti berikut ini. Apa sajakah itu? Simak ulasannya seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Masih Butuh Mendapatkan Keuntungan Lebih saat Berbelanja

Diskon, poin reward, program cicilan, dan berbagai penawaran lainnya merupakan keuntungan yang umumnya ditawarkan kartu kredit. Tentu saja, hal itu akan membuat belanja Anda lebih hemat dan menyenangkan, terutama jika ternyata Anda bisa memanfaatkannya dengan cara yang tepat.

Namun ketika Anda menutup kartu kredit Anda, maka berbagai penawaran menarik dan menguntungkan ini tentu sudah tidak lagi bisa didapatkan. Jika masih ingin menikmati berbagai keuntungan dan juga kemudahan ketika berbelanja, maka jangan tutup kartu kredit Anda.

2. Masih Punya Tagihan Kartu Kredit yang Cukup Besar

Bagi Anda yang terbiasa aktif menggunakan kartu kredit, tentu juga sudah terbiasa dengan sejumlah tagihan setiap bulannya. Saat Anda berniat menutup kartu kredit, maka sejumlah tagihan ini tentu harus dilunasi terlebih dahulu.

Hal ini tentu tidak masalah, jika ternyata Anda memiliki dana yang cukup dan bisa dialokasikan untuk melunasinya. Namun jika Anda mengandalkan gaji Anda untuk melunasi tagihan kartu kredit yang besar, maka masalah keuangan sangat mungkin Anda alami.

Bisa-bisa, berbagai kebutuhan bulanan Anda tidak terpenuhi dengan baik. Sebab alokasi kebutuhan bulanan harus dialihkan untuk melunasi kartu kredit. Dengan begini, menutup kartu kredit tentu bukan keputusan yang tepat.

Baca Juga: Ternyata Inilah Pentingnya Kartu Kredit Pertama Saat Memohon Kartu Kredit Lain

3. Senang dan Sering ‘Travelling’ atau Punya Banyak Urusan Bisnis

Kartu kredit akan memudahkan Anda memesan tiket dengan lebih cepat, baik itu pemesanan sejak jauh-jauh hari atau bahkan secara mendadak. Bukan hanya itu saja, kartu kredit juga sering memberikan banyak diskon untuk tiket dan juga penginapan (hotel).

Kartu kredit juga sangat menguntungkan bagi Anda yang hobi travelling dan juga memiliki banyak urusan bisnis di luar kota. Jika Anda termasuk orang yang suka bepergian, maka jangan menutup kartu kredit terlebih dahulu, karena akan membuat perjalanan Anda menjadi lebih murah dan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X