Bangkit, Rupiah Pagi Menguat ke Kisaran Rp 13.900 Per Dollar AS

Kompas.com - 07/01/2020, 09:47 WIB
Ilustrasi dollar AS KOMPAS/RIZA FATHONIIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS pada awal perdagangan di pasar spot pada Selasa (7/1/2020) mengalami penguatan. Setelah kemarin melemah terimbas isu konflik As-Iran.

Mengutip data Bloomberg pukul 09.28 WIB, rupiah berada di level Rp 13.908 per dollar AS atau menguat 0,26 persen dibandingkan penutupan Senin Rp 13.944 per dollar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra memprediksi, rupiah hari ini bakal menguat karena sentimen negatif mulai mereda.

"Rupiah mungkin bisa menguat ke arah support hari ini karena tidak adanya eskalasi di Timur Tengah dan Penasehat gedung Putih meralat ucapan Trump soal penyerangan ke situs budaya Iran bila Iran membalas serangan AS," kata Ariston kepada Kompas.com.

Baca juga: Sentimen Konflik AS-Iran Pengaruhi Rupiah Hari Ini

Selanjutnya, para pelaku pasar juga menganalisia Iran tidak mungkin menyerang basis AS di Timur Tengah. Ini mengingat dunia sangat bergantung pada produksi minyak Iran.

"Para pelaku pasar juga menganalisia Iran tidak mungkin menyerang basis AS di Timur Tengah yang bisa menganggu ekspor minyak mentahnya," jelas Ariston.

Ariston memproyeksikan rupiah sepanjang hari ini akan bergerak dikisaran Rp 13.900 per dollar AS sampai dengan Rp 14.000 per dollar AS.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X