Kerja Sama Terhenti, Merpati Airlines Tunggu Langkah Direksi Baru Garuda

Kompas.com - 23/01/2020, 11:12 WIB
Direktur Utama PT Merpati Airlines Asep Eka Nugraha di Jakarta, Rabu (16/10/2019). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMADirektur Utama PT Merpati Airlines Asep Eka Nugraha di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Kisruh soal PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) ikut mempengaruhi kinerja PT Merpati Nusantara Airlines (MNA). Direktur Utama Merpati Airlines Asep Ekanugraha mengatakan, sejak awal kisruh Garuda, kerja sama antar keduanya terhenti.

"Kemarin dipimpin Pak Iqbal direktur kargonya, tetapi kemudian ada hal seperti kemarin otomatis menjadi freeze," ujar Asep, Rabu (22/1/2020).

Menurut Asep, beberapa rencana Merpati Airlines harus tertunda. Namun, dia menegaskan, bisnis anak usahanya masih tetap berjalan. Adapun dua anak usaha Merpati Airlines adalah Merpati Maintenance Facility dan Merpati Training Center.

Baca juga: Dapat Dukungan BUMN, Merpati Airlines Bangkit dari Mati Suri

"Secara bisnis anak perusahaan tetap berjalan, bukan berarti pada saat kemarin ada masalah itu kemudian anak perusahaan tidak berjalan. Hanya saja memang akhirnya yang seharusnya kita anggap plan-nya bisa terimplementasi menjadi agak tertunda," ucap Asep.

Asep menyebutkan, tertundanya operasional Merpati Airlines juga disebabkan adanya hambatan dari proses perizinan dari Kementerian Perhubungan.

"Sama sebenarnya, apapun kan kita harus berproses di Kementerian Perhubungan. Jadi sebenarnya pada akhirnya kita belum bisa berproses lebih jauh untuk merealisasikan itu, agak tertunda pada akhirnya," jelas Asep.

Pada Oktober 2019, Garuda Indonesia bekerja sama dengan Merpati Airlines dalam bidang pelayanan kargo udara, ground handling, maintenance repair & overhaul (MRO) dan training center. Kerja sama ini merupakan satu dari 10 upaya kerja sama dari BUMN lain untuk menghidupkan kembali denyut Merpati Airlines.

Kendati begitu, Merpati baru mengantongi izin pelayanan kargo udara saja. Perusahaan hanya diberi tugas untuk melayani pengantaran kargo untuk wilayah bagian timur dengan meminjam pesawat milik Garuda Indonesia.

Baca juga: Irfan Setiaputra Sempat “Deg-degan” saat Dipinang Erick Thohir Jadi Dirut Garuda

Halaman:
Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X