Penantian The Fed dan Isu Virus Corona Dorong Harga Emas Naik

Kompas.com - 30/01/2020, 10:49 WIB
Ilustrasi emas batangan SHUTTERSTOCKIlustrasi emas batangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Emas naik pada hari kamis karena virus Corona yang menyebar cepat mendukung permintaan safe haven, serta investor menunggu keputusan kebijakan moneter Federal Reserve Amerika Serikat (the fed).

Harga emas di pasar spot naik 0,3  persen menjadi 1.570,36 per ounce.

"Investor mencari petunjuk tentang apa yang akan dilakukan Fed dengan suku bunga pada tahun 2020," kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures dilansir dari Reuters, Kamis (30/1/2020).

Seperti diketahui para ahli berpendapat The Fed tidak akan mengubah suku bunga. Investor juga akan menunggu laporan ekonomi China setelah terdampak virus corona di kota Wuhan.

"Selain faktor The Fed, alasan minat investor terhadap emas adalah dampak coronavirus dan bagaimana hal itu akan memengaruhi data ekonomi China," Ucap Haberkorn.

Sebelumnya pada hari Selasa (30/1/2020), harga emas turun hampir 1% setelah data ekonomi AS positif mengangkat pasar ekuitas bersama dengan dolar.

Untuk diketahui saat ini Korban meninggal akibat coronavirus meningkat menjadi 132 di China.

Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X