[KURASI KOMPASIANA] LDR Itu Berat, Kamu Kuat? | Tak Ada LDR yang Sempurna | "Dari LDR Kita Belajar"

Kompas.com - 02/03/2021, 09:15 WIB
Ilustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh. PEXELS/VJAPRATAMAIlustrasi pasangan yang menjalani hubungan jarak jauh.

KOMPASIANA---Menjalani hubungan jarak jauh (LDR) ketika pandemi masih terjadi, barangkali, kini adalah pilihan. Apakah kamu sedang menjalaninya?

Namun, saking sulitnya menjalani hubungan tersebut dan tidak terbiasa, terkadang mengakhiri status pacaran yang LDR jadi solusi.

Karena tantangan dalam menjalani LDR ini bukan sekadar dari jarak itu sendiri. Bisa saja kegagalan hubungan kerap terjadi akibat ketimpangan antara harapan dan kenyataan.

Sebagai contoh, harapannya tetap menjalani LDR tetap menjaga komunikasi antarpasangan, tetapi kenyataannya justru ada waktu-waktu ketika sedang ada kesibukan tertentu jadi tidak bisa memberi 'feedback'.

Itu baru satu contoh, tentu masih ada contoh lain semisal: ketika ada masalah, ternyata hanya bisa diselesaikan dengan bertemu. Dan masih banyak faktor lainnya.

Apa saja tantangan dan kunci untuk memastikan hubungan LDR tetap terjaga?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut 5 konten terpopuler dan menarik terkait LDR di Kompasiana: dari beratnya menjalani LDR hingga hal-hal yang bisa dipelajari dari Pejuang LDR.

1. LDR Itu Berat, Kamu Tak Akan Kuat, Biar Aku Saja

Ada 2 hal, menurut Kompasianer David Abdullah, yang membuat beratnya mennjalni LDR: ongkos dan kesiapan mental.

Bukan tanpa sebab, pasalnya Kompasianer David Abdullah pernah menjalaninya sebanyak 3 kali, ada yang antarkota, antarprovinsi, dan antarpulau. Seperti bus AKAP? Ya!

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.