Industri 4.0 Diharapkan Bisa Dorong RI Masuk dalam Jajaran Negara Ekonomi Terbesar

Kompas.com - 05/04/2021, 21:00 WIB
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau pabrik Hot Strip Mill (HSM) II PT Krakatau Steel, Kota Cilegon Banten KOMPAS.COM/RASYID RIDHOMenteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat meninjau pabrik Hot Strip Mill (HSM) II PT Krakatau Steel, Kota Cilegon Banten

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, pemerintah telah mempersiapkan peta jalan implementasi industri 4.0 sebagai upaya mempercepat digitalisasi berbagai sektor industri dalam negeri.

Hal ini demi mewujudkan target Indonesia bisa masuk jajaran 10 negara ekonomi terbesar pada beberapa tahun ke depan.

"Sasaran utama kita adalah menjadikan Indonesia sebagai 10 negara ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030," ujarnya dalam diskusi Forum Merdeka Barat 9 (FM B9) bertajuk "Industri 4.0 Menuju Pemulihan Ekonomi Industri 4.0 secara virtual, Senin (5/4/2021).

Baca juga: Kemenperin: Indonesia Dalam Posisi Siap Menyambut Industri 4.0

Harapannya industri 4.0 ini bisa berkontribusi terhadap 10 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), meningkatkan produktivitas, dan pengeluaran riset dan pengembangan minimal 2 persen dari PDB.

Di lain sisi, terdapat juga 7 sektor yang akan dipilih oleh pemerintah dalam melakukan digitalisasi, yakni makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, kimia, elektronika, farmasi, dan alat kesehatan.

"Tujuh sektor ini dipilih karena telah memberikan kontribusi sebesar 70 persen dari total PDB manufaktur, 65 persen ekspor manufaktur dan 60 persen penyerapan pekerja industri," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.