Cek Tarif Tol Pertama di Kalimantan dari Balikpapan ke Samarinda

Kompas.com - 25/08/2021, 09:52 WIB
Pemandangan Jalan tol Balikpapan- Samarinda saat malam hari. Kementrian PUPRPemandangan Jalan tol Balikpapan- Samarinda saat malam hari.


JAKARTA, KOMPAS.com – Tarif Tol Balikpapan-Samarinda belum diberlakukan secara menyeluruh meski tol pertama di Kalimantan tersebut sudah beroperasi penuh.

Pasalnya, ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) yang baru diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (24/8/2021) kemarin, masih beroperasi tanpa tarif.

Direktur Utama PT Jasamarga Balikpapan Samarinda (JBS) Jinto Sirait menyampaikan penjelasan mengenai tarif tol pertama di Kalimantan yang berlaku saat ini.

Baca juga: Tak Lagi Gratis, Ini Tarif Tol Cibitung-Cilincing Terbaru

Jinto menyatakan bahwa ruas Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja akan dioperasikan tanpa tarif alias gratis selama dua minggu, mulai Rabu (25/8/2021) pukul 14.00 WITA.

Dengan dioperasikannya Seksi 1 dan 5, maka terdapat penambahan 2 Gerbang Tol yang akan dioperasikan yaitu GT Karang Joang dan GT Manggar.

Ruas Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 97,27 Km ini terbagi menjadi lima seksi, yakni Seksi 5 Ruas Manggar-Karang Joang (10,74 Km), Seksi 1 Ruas Karang Joang-Samboja (21,66 Km), Seksi 2 Ruas Samboja-Muara Jawa (30,98 Km), Seksi 3 Ruas Muara Jawa-Palaran (17,30 Km) dan Seksi 4 Palaran-SS Mahkota II (16,59 Km).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jalan tol ini dilengkapi dengan dua rest area tipe A yang dikelola oleh PT Jasamarga Related Business (JMRB), masing-masing rest area berada di Km 37 arah Balikpapan dan Km 36 arah Samarinda.

Baca juga: Prabowo ke Jokowi: Butuh Keberanian Pindah Ibu Kota, Teruskan Pak!

Rincian tarif Tol Balikpapan-Samarinda

Peresmian Tol Balikpapan-Samarinda Seksi Balikpapan-Samboja (Seksi 1 dan Seksi 5) melengkapi tiga seksi tol pertama di Kalimantan yang telah beroperasi terlebih dahulu pada Desember 2019.

Tol Balikpapan-Samarinda Seksi 2, 3 dan 4 sudah beroperasi dengan pemberlakuan tarif sejak Juni 2020. Berikut rincian tarif tol pertama di Kalimantan selengkapnnya.

Biaya Tol Balikpapan-Samarinda dari Samboja ke Simpang Pasir dan sebaliknya:

  • Golongan I: Rp 75.500
  • Golongan II: Rp 113.000
  • Golongan III: Rp 113.000
  • Golongan IV: Rp 151.000
  • Golongan V: Rp 151.000

Baca juga: Mulai Berbayar, Kapan Tol Cibitung-Cilincing Beroperasi Penuh?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.