Lewat KTT G20, Luhut Ingin Tunjukkan Kemajuan Pembangunan di Indonesia

Kompas.com - 27/11/2021, 14:28 WIB
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyaksikan langsung ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (21/11/2021). Akun Instagram Luhut Binsar PandjaitanMenko Marves Luhut Binsar Pandjaitan sempat menyaksikan langsung ajang World Superbike (WSBK) di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (21/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menuturkan, ajang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 bukan saja menjadi ajang showcase kemajuan sosial ekonomi Indonesia, tetapi juga menjadi ajang pengenalan budaya Nusantara kepada dunia.

Pernyataan tersebut ia ungkapkan dalam agenda menyambut Presidensi G20 Indonesia Tahun 2022 secara virtual, Jumat (27/11/2021) malam.

"Dalam pandangan saya, Indonesia sebagai negara tuan rumah G20 menyiratkan bahwa kita ingin meningkatkan pengakuan, pengaruh, dan kekuatan secara global, tapi di sisi lain mereka (negara mitra) juga menunggu peningkatan peran regional dan global kita," kata Luhut dikutip pada Sabtu (27/11/2021).

Baca juga: Menko Airlangga Pasang Target Indonesia di KTT G20, Apa Saja?

Luhut mengatakan, Indonesia menjadi negara tuan rumah dalam presidensi G20 pada tahun 2022 dapat memainkan peran penting dalam pemulihan pasca-pandemi Indonesia.

"Kita harus memanfaatkan momentum untuk membuka potensi Indonesia dan mempromosikan kemajuan pembangunan kita ke dunia," ujar dia.

Beberapa hal yang akan menjadi fokus pemerintah Indonesia saat ini mencakup beberapa sektor yang terdampak Pandemi, seperti sektor pariwisata dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selain itu, Indonesia juga akan menunjukkan inisiatifnya menuju pembangunan berkelanjutan sebagaimana telah disepakati bersama dalam Perjanjian Paris seperti transisi energi dan penggunaan kendaraan listrik.

Namun, inisiatif tersebut dirasa tidaklah cukup.

Baca juga: Luhut: Jokowi Akan Sampaikan Pentingnya Restorasi Mangrove di Forum G20

"Mengikuti promosi apa yang telah kita lakukan, kita juga harus mampu menangkap minat global yang meningkat untuk berinvestasi di Indonesia dengan menciptakan peluang investasi yang selaras dengan tujuan pembangunan nasional," tutur Luhut.

Dalam kesempatan itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, dengan mengangkat tema Recover Together, Recover Stronger, KTT G20 diharapkan menjadi forum yang mampu menyelesaikan kondisi ketidakseimbangan Indonesia dan dunia akibat pandemi.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.