Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Siapkan 4 Ruas dan Akses Fungsional Selama Mudik dan Balik Lebaran 2023

Kompas.com - 03/04/2023, 20:20 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk menyiapkan empat akses fungsional di jalan tol yang dioperasikan selama masa Angkutan Lebaran 2023.

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan, pemberlakuan akses fungsional ini diserahkan ke diskresi kepolisian.

"Jadi buka tutupnya, penggunaannya, akan dikembalikan kepada keputusan pihak kepolisian tergantung jumlah kondisi lalin pada saat hari H nanti. Jadi ini kami hanya menyiapkan," ujarnya saat konferensi pers di Jasa Marga Toll Road Command Center, Bekasi, Senin (3/4/2023).

Baca juga: Jasa Marga Siapkan Sistem One Way dan Contraflow Atur Arus Mudik Lebaran 2023, di Mana Saja?

Dia merincikan, Jasa Marga akan mengoperasikan secara fungsional ruas Tol Jakarta-Cikampek II Selatan. Pengoperasian tanpa tarif Japek II Selatan ini memiliki 2 opsi.

Opsi 1, ruas Sadang-Kutanegara sepanjang 8,5 kilometer (Km). Rutenya keluar Jalan Industri, masuk kembali melalui gerbang tol (GT) Karawang Barat. Opsi 2, ruas Sadang-Taman Mekar sepanjang 28,5 Km. Rutenya kelar Jalan Raya Pangkalan masuk kembali melalui GT Karawang Barat.

"Kalau yang Japek II Selatan itu hanya disiapkan untuk arus balik, untuk menampung lalu lintas dari arah Bandung ke arah Jakarta," ucapnya.

Kemudian, Jasa Marga juga akan mengoperasikan fungsional ruas Solo-Yogyakarta untuk arus mudik dan balik Lebaran dari Colomadu sampai Jalan Sawit sepanjang 6 Km.

Baca juga: Pergerakan Masyarakat Saat Mudik 2023 Diperkirakan Capai 123,8 Juta Orang, Ini Persiapan Kemenhub dan Jasa Marga

Rutenya keluar atau masuk GT Colomadu ruas Solo-Ngawi lalu masuk ke ruas fungsional Solo-Yogyakarta, keluar ke Jalan Sawit, selanjutnya masuk ke Jalan Nasional Solo-Yogyakarta.

Dia menjelaskan, Jasa Marga juga menyiapkan akses KM 99 Cipularang dan akses keluar darurat KM 149 Padaleunyi untuk beroperasi secara fungsional.

Namun untuk KM 149 Padaleunyi, Jasa Marga masih menunggu instruksi dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Jadi fungsional untuk ruas di Japek II Selatan dan Solo-Yogyakarta dan juga dua akses ini kami siapkan untuk dimanfaatkan apabila nanti kapasitas volume lalu lintasnya sudah tidak menampung, sesuai dengan diskresi kepolisian untuk bisa digunakan," jelasnya.

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak Macet, Perkiraan Puncak Mudik 19 April, Arus Balik 25 April

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com