Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Energy Terminal Cetak Laba Bersih Rp 13,17 Miliar pada 2022

Kompas.com - 16/06/2023, 19:14 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina Energy Terminal (PET), anak usaha dari PT Pertamina International Shipping (PIS), mencatatkan laba bersih Rp 13,17 miliar tahun 2022.

Capaian kinerja PET dipaparkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PET untuk kinerja Tahun 2022.

Direktur PET Hari Purnomo memaparkan bahwa perolehan laba ini didorong oleh peningkatan pendapatan dari peningkatan penjualan pada seluruh segmen bisnis secara umum. Terutama, dengan mengelola terminal-terminal energi strategis.

Dia menjabarkan, peningkatan pendapatan selain diperoleh dari transaksi non-captive market pada segmen terminal, juga dari peningkatan rata-rata volume throughput.

"Hingga peningkatan penyaluran air ke kapal karena adanya penambahan pasokan kapal milik dan charter PIS di beberapa lokasi cabang fresh water supply," ujar Hari melalui keterangan pers, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: IPO Pertamina Hulu Energi, Wamen BUMN: Tunggu Timing yang Tepat

Sepanjang 2022, PET juga telah menyalurkan sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR).

CSR tersebut terdiri dari penghijauan dengan program kampung iklim, program bersama Kehati di Taman Nasional Ujung Kulon dengan salah satu tujuannya membantu melakukan konservasi badak, program transplantasi terumbu karang di fuel terminal Baubau, dan lainnya.

Baca juga: Erick Thohir Angkat Alfian Nasution Jadi Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina

Direktur Niaga PIS Arief Sukmara mengapresiasi kinerja positif PET. Menurut dia, PET tak hanya mencetak laba bersih namun juga berhasil menjaga performa dengan zero fatality.

“Perusahaan sudah mampu memperlihatkan kinerja positif di sektor keuangan, kita berharap ke depannya PET mampu beradaptasi dan mulai ke tahap digitalisasi untuk bisa menjawab tantangan bisnis,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com