Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tidak Membantah Saat Ditanya Akan Mundur dari Kabinet, Sri Mulyani: Saya Kerja

Kompas.com - 20/01/2024, 11:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati buka suara terkait isu dirinya siap mengundurkan diri dari Kabinet Indonesia Maju.

Ditanyai mengenai kabar tersebut, Sri Mulyani hanya menjawab singkat bahwa dirinya saat ini masih bekerja sebagai Menteri Keuangan RI.

"Saya bekerja, saya bekerja," ujar Menkeu di Istana Kepresidenan, Jakarta, dikutip dari YouTube KompasTV, Sabtu (20/1/2024).

Lalu, ketika ditanyai mengenai adanya perselisihan antara dirinya dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, dia hanya menanggapi dengan tersenyum dan enggan menjawab.

Setelah itu, dia langsung menutup pintu mobil dinas RI 26 dan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan.

Baca juga: Sri Mulyani Dikabarkan Siap Mundur, Kemenkeu Buka Suara

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sendiri telah memberikan penjelasan mengenai kabar ini,

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kemenkeu Deni Surjantoro mengatakan, sampai dengan saat ini Sri Mulyani masih menjalankan tugasnya sebagai menteri keuangan Indonesia.

"Menteri Sri Mulyani tetap menjalani tugas menjaga Keuangan Negara secara profesional dan bertanggung jawab," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (19/1/2024).

"Sesuai tata kelola yang baik dan sesuai peraturan perundangan," sambungnya.

Lebih lanjut, Deni membeberkan, Sri Mulyani baru menyelesaikan kegiatannya di Davos, Swiss, untuk menghadiri rangkaian acara Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) sejak 14 Januari 2024.

Baca juga: [POPULER MONEY] Disebut Siap Mundur, Sri Mulyani ke Swiss | Luhut Sebut Pemerintah Mau Tunda Kenaikan Pajak Hiburan 40-75 Persen

Kemenhub dan PUPR Buka Suara

Selain Sri Mulyani, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan beberapa menteri lainnya juga dikabarkan akan mundur dari kabinet yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Merespons kabar ini, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Zainal Fatah mengaku, dirinya belum mendapatkan informasi mengenai hal tersebut. Namun, dia enggan berkomentar lantaran berkaitan dengan isu politik.

"Itu politik, enggak tahu saya. Belum tahu. Saya juga belum ketemu Pak Menteri (Basuki)," kata Zainal saat ditemui di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Dia menegaskan, yang jelas Kementerian PUPR akan memastikan semua tugas yang diberikan dapat terlaksana dengan baik.

"Yang penting PUPR kerja, dikasih tugas, kita laksanakan," tegasnya. "Pokoknya kita komitmen jalanin yang di APBN," tambahnya.

Baca juga: Respons Kemenhub dan PUPR soal Menterinya Diminta Mundur dari Kabinet Indonesia Maju

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com