Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warren Buffett: Kesalahan Membuatku Sukses

Kompas.com - 01/05/2019, 12:35 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

NEW YORK, KOMPAS.com - Sebelum sesukses seperti saat ini, investor kawakan Warren Buffet pun pernah gagal. Namun kesuksesannya memenangi kegagalannya

Dia merupakan salah satu investor paling cerdas di dunia. Berkshire Hathaway, perusahaan besutannya memiliki kapitalisasi pasar hampir 532 miliar dollar AS saat ini.

Keberhasilan Buffett dalam berinvestasi telah memberinya gelar orang terkaya keempat di dunia, dengan kekayaan bersih saat ini 88 miliar dollar AS.

Baca juga: Ini Fatwa-fatwa Warren Buffett yang Bermanfaat bagi Investor Sepanjang Masa

Terlepas dari kesuksesannya, Buffett mengatakan bahwa masa-masa sulitlah yang membuatnya harus terus berusaha dan sesukses saat ini. Buffet pun tidak selalu benar meski telah menjadi jutawan.

"Aku pernah membuat keputusan yang salah di Google dan Amazon," kata Warren Buffet dikutip dari CNBC, Rabu (1/5/2019).

Buffet pernah membuat keputusan yang salah di Google sehingga butuh teman dan pendiri Microsoft, Bill Gates untuk memberitahunya berhenti menggunakan mesin pencari Altavista. Sementara dengan Amazon, ia pernah meremehkan kemampuan Amazon mendisrupsi ritel.

"Saya pikir yang dilakukan Jeff Bezos adalah keajaiban semata. Jelas akan jauh lebih baik jika saya memiliki wawasan tentang bisnis-bisnis tertentu," ucap Buffet.

Baca juga: Ini Definisi Sukses ala Bill Gates, Warren Buffett dan Richard Branson

Namun, seperti kebanyakan orang sukses lainnya, mulai dari Bill Gates hingga Mark Cuban, Buffett tidak takut gagal.

"Anda akan membuat kesalahan dalam hidup. Jadi tidak mungkin saya akan membuat banyak keputusan bisnis dan investasi tanpa membuat beberapa kesalahan," papar Buffet.

Buffet bukannya tidak membuat kesalahan, tapi dia mencoba meminimalkan kesalahan itu. Buffet pun lebih memilih untuk tidak memikirkannya dan melihat ke belakang.

"Anda harus tahu, tidak semua kemenangan akan menjadi kemenangan. Itulah definisi kemenangan dalam hidup," kata Buffet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com