Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selama Dua Hari Harga Emas Dunia Jatuh Terus

Kompas.com - 10/01/2020, 13:26 WIB
Wayan A. Mahardhika,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com - Harga Emas dunia turun selama dua hari ini karena tensi hubungan Amerika Serikat dan Iran mulai mereda.

Harga emas yang sempat melampaui 1.600 dollar per ounce pada Rabu (8/1/2020), mulai menurun karena pernyataan terakhir Presiden Donald Trump yang menunjukkan bahwa ketegangan mereda yang membuat emas tidak diincar kembali sebagai aset safe haven.

"Emas kembali pada harga normalnya," ucap Rhona O’Connell, kepala analisis pasar untuk EMEA dan Asia di INTL FCStone seperti yang dilansir dsri Bloomberg, Jumat (10/1/2020).

Baca juga: Hari Ini Harga Emas Antam Turun Rp 5.000

Harga emas di pasar berjangka turun 1,2 persen menjadi 1.541 dollar AS per ounce, atau turun sekitar 13 dollar AS dari kenaikan tertingginya pada Rabu.

Sebelumnya Trump mengatakan dalam pidatonya bahwa serangan rudal Iran di pangkalan AS di Irak tidak meninggalkan korban jiwa. Pernyataan Trump meredakan ketegangan dengan Iran, yang sebelumnya melonjak setelah pembunuhan seorang jenderal besar, Qassem Soleimani.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com