Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kilang Pertamina Internasional Borong 19 Penghargaan Bidang Lingkungan hingga Pimpinan Terbaik

Kompas.com - 11/03/2022, 10:00 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) meraih 19 penghargaan untuk Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Best Leadership di ajang Indonesia CSR Excellence Award yang diselenggarakan di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta.

Sebanyak 14 penghargaan yang diraih PT KPI berasal dari program TJSL yang berfokus pada bidang lingkungan, kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, yang dilaksanakan di seluruh Unit Operasi PT Kilang Pertamina Internasional. Di bidang lingkungan program unggulan unit operasi PT KPI dilaksanakan di Sungai Pakning seperti mitigasi karhutla berbasis masyarakat, program pengelolaan sampah dan limbah yang digarap Kilang Dumai, Plaju, dan Balikpapan.

Baca juga: Kilang Pertamina Balikpapan Terbakar, Manajemen: Api Sudah Padam, Tetap Beroperasi Normal

Corporate Secretary Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan, apresiasi ini merupakan bukti nyata atas komitmen perusahaan dalam mengimplementasikan program environmental, social, and corporate governance (ESG) sekaligus dukungan terhadap sustainable development goals (SDGs).

"Apresiasi ini tentunya menjadi pemicu kami untuk lebih inovatif dalam melahirkan program-program TJSL demi memajukan masyarakat sekitar," tuturnya melalui keterangan tertulis, Jumat (11/3/2022).

Baca juga: Hasil Investigasi Kebakaran Tangki Balongan, Pertamina: Diduga Tersambar Petir

Sementara Kilang Balongan menggarap program pengembangan Taman Kehati dan Mangoes Center yang memanfaatkan lahan tidur perusahaan untuk perkebunan Mangga Agrimania dan telah direplikasi di beberapa desa lain. Sementara Kilang Kasim dengan program pengelolaan air bersih bagi masyarakat di Kampung Klayas, Sorong.

Di bidang pemeberdayaan masyarakat, Kilang Plaju mendapat penghargaan atas upayanya dalam mendorong kemandirian masyarakat melalui program PATRA (Palembang Aman, Terampil, dan Berdaya).

Baca juga: Garap Megaproyek Kilang, Pertamina Terus Perkuat Skema Pendanaan

Kilang Dumai dengan program Kampung Minapolitan yakni pemberdayaan masyarakat nelayan desa Tanjung Palas dimana program ini mendorong kelembagaan kawasan bisnis berbasis perikanan melalui kegiatan pengelolaan ekonomi berbasis perikanan, pembentukan koperasi, serta pengembangan produk turunan hasil laut.

Di bidang kesehatan dan pendidikan penghargaan diraih Kilang Kasim, melalui program peningkatan gizi balita di Kampung Klayas Sorong, serta mendorong kegiatan belajar mengajar tingkat dasar di masa pandemi bagi anak-anak. Dimana keseluruhan program tersebut dikemas dengan program terintegrasi yakni  program Klayas Bersih dan Sehat, Klayas Berdikari, Klayas Cinta Budaya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com