Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Alsintan, Kementan Jamin Ketersediaan Pangan Selama Ramadhan hingga Idul Fitri

Kompas.com - 13/04/2022, 15:21 WIB
Inang Sh ,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan alat mesin pertanian (alsintan) merupakan salah satu faktor penting dalam pertanian untuk mempercepat pengolahan lahan.

Lewat alsintan, katanya, petani dapat dengan cepat mengolah lahan yang berdampak positif pada masa tanam petani.

"Dengan alsintan, indeks pertanaman (IP) meningkat. Alsintan mempercepat pengolahan lahan dan masa tanam. Pengaruh positifnya, kebutuhan pangan kita menjadi stabil," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (13/4/2022).

Dalam hal ini, Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin ketersediaan bahan pangan selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang, salah satunya melalui penggunaan alsintan.

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil mengatakan, alsintan memiliki beragam jenis pra dan pascapanen yang dapat membantu petani mengembangkan sektor pertanian dari hulu hingga hilir.

Baca juga: Alsintan Dorong Modernitas Pertanian Sumatera Barat

"Misalnya traktor yang mampu membantu petani mengolah lahan dengan cepat, tentu hal itu membuat petani kita juga dengan cepat memasuki masa tanam," katanya.

Hal lainnya, lanjut Ali, adalah irigasi pertanian yang membantu menyediakan pasokan air dengan baik ke areal pertanian mereka. Dengan sistem pengairan yang baik, pertanian juga dapat berkembang dengan baik.

"Irigasi pertanian ini juga mampu meningkatkan produktivitas petani. Dengan begitu, pasokan pangan untuk ketersediaan di pasaran juga semakin meningkat," jelasnya.

Ali menyebutkan, pihaknya terus mendorong ketahanan pangan nasional dapat terjaga. Melalui program-program yang telah digulirkan, menurutnya, ketahanan pangan nasional sejauh ini dapat terjaga dengan baik.

"Kami terus berupaya agar program ketahanan pangan yang merupakan bagian dari tujuan pembangunan nasional dapat terjaga dengan baik," terang Ali.

Baca juga: Pelaku Usaha Pertanian di Sumsel Sambut Baik Program Taxi Alsintan dari Kementan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com