Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Cetak Rekening Koran BCA Online dan di Kantor Cabang, Lebih Mudah Mana?

Kompas.com - 22/08/2022, 08:39 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencetak rekening koran BCA bisa dilakukan melalui beberaoa cara, yakni melalui internet banking BCA dan di kantor cabang BCA terdekat.

Kompas.com beberapa waktu lalu mencoba untuk melakukan cetak rekening koran di kantor cabang dan internet banking BCA. Ternyata masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangannya.

Rekening koran biasanya dibutuhkan untuk persyaratan pengajuan pinjaman kredit, persyaratan pembuatan visa ke luar negeri, bukti hukum, hingga audit keuangan perusahaan.

Pasalnya, melalui rekening koran dapat terlihat rincian uang keluar dan masuk di rekening seseorang dalam periode tertentu.

Baca juga: Pengertian Rekening Koran, Fungsi, Contoh, dan Cara Mencetaknya

Berbeda dengan mutasi rekening, rekening koran menampilkan data yang lebih lengkap seperti jenis transaksi, nama pengirim atau penerima transfer, keterangan saldo awal dan akhir bulan, serta keterangan mutasi kredit dan debit.

Tanpa perlu berlama-lama yuk simak bagaimana cara cetak rekening koran BCA secara online melalui internet banking BCA (KlikBCA) dan di kantor cabang, serta kelebihan dan kekurangannya.

Cetak rekening koran BCA di kantor cabang

1. Kelebihan dan kekurangan

Lantaran proses cetak rekening koran dilakukan di kantor cabang, maka nasabah harus menyiapkan KTP asli, buku tabungan, dan kartu ATM.

Kemudian pastikan di kartu ATM sudah tersedia saldo yang cukup untuk pembayaran jasa cetak rekening koran BCA, yaitu sebesar Rp 2.500 per lembar.

Biaya cetak rekening koran inilah yang menjadi kekurangan dari cara cetak rekening koran BCA di kantor cabang. Sebab, jika proses cetak dilakukan secara online maka tidak dikenakan biaya.

Namun, cetak rekening koran di kantor cabang juga cukup nyaman karena semua proses pencetakan ditangani oleh pegawai bank. Nasabah hanya perlu memberikan dokumen-dokumen persyaratan dan mengikuti instruksi pegawai bank.

Cetak rekening koran di kantor cabang menjadi alternatif pilihan jika nasabah belum terdaftar di layanan internet banking atau KlikBCA.

2. Cara cetak rekening koran BCA di kantor cabang

Berikut cara cetak rekening koran BCA di kantor cabang:

1. Siapkan dokumen seperti KTP asli, buku tabungan, dan kartu ATM. Pastikan saldo di rekening cukup.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com