Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Maksimalkan Pertanian di Pidie, Kementan Hibahkan 10 Unit Hand Tractor

Kompas.com - 06/09/2022, 12:51 WIB
Dwi NH,
A P Sari

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan bantuan alat dan mesin pertanian (alsintan) berupa sepuluh unit hand tractor kepada Kelompok Tani (Poktan) Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

Pemberian alsintan tersebut dimaksudkan untuk memaksimalkan pertanian Pidie, terutama saat memasuki musim tanam rendengan saat ini.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, bantuan alsintan adalah bentuk komitmen pihaknya untuk memaksimalkan pertanian.

"Kementan berkomitmen untuk membantu menggenjot produksi pertanian. Hal ini akan maksimal jika didukung dengan alat dan mesin pertanian," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (6/9/2022).

Baca juga: Terancam Gagal Panen, Kementan Imbau Petani Balikpapan Maksimalkan Asuransi Pertanian

Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Ali Jamil menjelaskan bahwa memiliki sejumlah manfaat yang bisa dimaksimalkan untuk mendukung aktivitas pertanian.

"Alsintan memiliki banyak manfaat. Seperti aktivitas tanam dan panen yang lebih cepat, sehingga indeks pertanaman (IP) pun bisa lebih ditingkatkan. Hal ini tentu mendukung pendapatan para petani," katanya.

Apalagi, lanjut Ali, saat krisis pangan global mengancam. Kementan dituntut untuk melakukan antisipasi dengan memaksimalkan produksi pertanian.

“Hal itu kami dukung dengan alsintan," tuturnya.

Baca juga: Harapan Jokowi Saat Luncurkan Food Estate Mangga dan Taksi Alsintan di Gresik

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Pidie Hasballah mengatakan, bantuan alsintan yang diberikan kepada poktan telah terverifikasi. Baik secara legalitas, struktur, maupun persyaratan lainnya.

"Jadi semua alsintan yang diberikan oleh pemerintah pusat tetap mengacu kepada poktan yang telah memenuhi syarat yang telah diverifikasi,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com