Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elnusa Dukung PHM Dongkrak Kembali Produksi Gas dari Lapangan Sisi Nubi

Kompas.com - 15/11/2022, 11:46 WIB
Kiki Safitri,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Perusahaan energi, PT Elnusa Tbk (ELSA) yang tergabung dalam Subholding Upstream Pertamina terus melakukan kolaborasi dengan sesama perusahaan di lingkungan Pertamina Group.

Ini dilakukan untuk mendukung PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM) meningkatkan kembali produksi gas dari Lapangan Offshore Sisi Nubi di Wilayah Kerja (WK) Mahakam, Kalimantan Timur.

Tercatat, Lapangan Sisi Nubi pernah masuk ke fase declining produksi sampai pada level 60 MMscfd (juta standar kaki kubik per hari) pada Juli 2020.

Namun kini, per 20 Oktober 2022, produksi gas dari Lapangan Sisi Nubi dapat terdongkrak kembali sampai ke level 160 MMscfd.

Baca juga: Laba Bersih Elnusa Meroket 674 Persen, Ini Penyebabnya

Direktur Utama Elnusa John Hisar Simamora mengungkapkan, kolaborasi Elnusa dengan PHM di WK Mahakam bermula pada Agustus 2020 atau di saat level produksi gas PHM di Sisi Nubi dalam fase declining.

Elnusa turut berperan dalam upaya PHM meningkatkan kembali produksi gas dari lapangan tersebut. Terutama dengan semakin dikembangkannya moda kerja Rigless (Tanpa Rig) sebagai inovasi pengurangan biaya pekerjaan sumur.

“Ada beberapa pekerjaan yang dilakukan Elnusa di Sisi Nubi, terutama dengan menggunakan Hydraulic Workover Unit (HWU) yang dimiliki Elnusa, mulai dari kegiatan Rigless side track preparation, Rigless Gravel Pack, Well Service sampai Accommodation Work Barge,” kata John dalam siaran pers, Senin (14/11/2022).

Baca juga: 53 Tahun Beroperasi, Elnusa Mulai Jajaki EBT hingga Keberlanjutan Lingkungan

John menerangkan, pekerjaan utama Elnusa di Sisi Nubi adalah kegiatan Rigless Gravel Pack. Gravel Pack merupakan metode sand control untuk mencegah dan menghentikan terproduksinya pasir ke dalam sumur.

Biasanya, pemasangan Gravel Pack di dalam sumur cukup sulit sehingga harus menggunakan rig untuk memasangnya ke dalam sumur. Dikarenakan equipment untuk gravel pack ini sendiri di desain untuk di pasang dengan menggunakan Rig dengan TDS (Top Drive System / 2 joint dan 3 joint).

“Kegiatan Gravel Pack yang dikerjakan di Sisi Nubi merupakan pekerjaan Gravel Pack pertama di lingkungan Pertamina yang dilakukan secara rigless atau tanpa menggunakan Rig, diganti dengan Hydraulic Workover Unit,” ujar John.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com