Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volume Lalu Lintas Tol Cipali Diprediksi Meningkat 4 Persen Hari ini

Kompas.com - 18/04/2023, 21:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali memperkirakan pada H-4 Lebaran atau Selasa (18/4/2023) akan terjadi peningkatan volume lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sebesar 4 persen menjadi 106.000 kendaraan yang melintas.

Sementara volume arus lalu lintas pada H-5 Lebaran atau Senin (17/4/2023) sebanyak 88.000 kendaraan melintas di Tol Cipali. Jika diakumulasikan, total kendaraan yang melintas sejak H-10 sampai H-5 Lebaran 2023 sebanyak 433.000 kendaraan melintas di Tol Cipali.

Kepala Divisi Operasi ASTRA Tol Cipali Sri Mulyo mengatakan, atas prediksi tersebut pihaknya bersama Korlantas Polri pada hari hari ini mulai memberlakukan one way di ruas Tol Cipali KM 72 arah Jakarta sejak pukul 14:52 WIB sampai 00:00 WIB.

Baca juga: Ada One Way di Tol Cipali, Jasa Marga Sebut Arus Lalin di Tol Japek dan Jalan MBZ Ramai Lancar

"Jadwal pemberlakukan one way ini masih bisa berubah sesuai dengan kondisi arus lalu lintas di lapangan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (18/4/2023).

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengantisipasi kepadatan di beberapa titik di ruas Tol Cipali akibat laka lantas di antaranya dengan mempercepat respons time petugas layanan lalu lintas.

"Untuk laka yang bersifat ringan, petugas layanan lalu lintas Astra Tol Cipali segera mengevakuasi kendaraan keluar gerbang tol terdekat agar situasi lalin tidak tertutup dalam waktu lama," ucapnya.

Baca juga: H-4 Lebaran, Pelabuhan hingga Jalan Tol Mulai Dipadati Pemudik

Pasalnya, selama arus mudik dan balik biasanya rentan terjadi kecelakaan yang disebabkan oleh kurangnya antisipasi dari para pengemudi karena kondisi fisik yang sudah mulai lelah dan tidak fit.

Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para pengguna jalan untuk selalu mengecek kondisi kendaraan dan kondisi fisik agar tetap prima sebelum melakukan perjalanan.

Apabila pemudik sudah mengemudi selama 4 jam, segera berhenti di rest area terdekat atau keluar gerbang tol terdekat untuk dapat berisitirahat dengan maksimal.

Baca juga: Pemerintah Terapkan Sistem One Way di Tol Cipali Hari Ini Mulai Pukul 14.30

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com