Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag Bakal Undang 15 Pengusaha Arab Saudi ke Indonesia pada Mei 2023

Kompas.com - 18/04/2023, 19:10 WIB
Akhdi Martin Pratama

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengundang 15 pengusaha Arab Saudi ke Indonesia pada akhir Mei 2023 untuk bertemu para pengusaha dalam negeri.

Pertemuan pengusaha kedua negara tersebut dalam rangka untuk mendirikan Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah.

Hal ini disampaikan Mendag Zulhas usai bertemu dengan pengusaha Arab Saudi, yakni Syeikh Ibrahim Assubei, pemilik Bank Al Bilad, dan Fawaz Al Khokeer pengusaha dan Pemilik Mall Makkah dan Arabia Mall di Jeddah.

Baca juga: Perusahaan RI Ekspor Perdana Makanan Siap Saji Khusus Haji ke Arab Saudi

"Bagaimana segera dapat berdiri Grosir, Super Market khusus Indonesia di Mekkah, Madinah, dan Jeddah, " ujar Mendag Zulhas dalam keterangan tertulisnya, Selasa (18/4/2023).

Sementara itu, Syeikh Ibrahim dan Fawaz menyatakan komitmennya untuk bisa mewujudkan salah satu program prioritas Mendag Zulhas tersebut.

Baca juga: RI Ekspor Produk Makanan Olahan ke Arab Saudi, Ada Jengkol hingga Seblak

Sebelumnya dibeberapa kesempatan, Mendag Zulkifli Hasan mengatakan, Indonesia dan Arab Saudi memiliki banyak peluang untuk meningkatkan dan mempererat hubungan perdagangan, khususnya dengan melihat struktur komoditas perdagangan kedua negara.

Produk-produk ekspor utama Indonesia untuk Arab Saudi yakni kendaraan bermotor, minyak sawit dan turunannya, ikan, produk kertas, arang kayu, dan plywood. Sementara itu, produk utama Indonesia yang diimpor dari Arab Saudi antara lain ethylene glycol, sulphur, polypropylene, polyethylene, dan besi.

Baca juga: Deputi Gubernur BI Terpilih Janji QRIS Bisa Dipakai di Arab Saudi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com