Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

37 Emiten Bagi Dividen pada Pekan Pertama Juli 2023

Kompas.com - 03/07/2023, 21:25 WIB
Nur Jamal Shaid

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejumlah emiten akan membagikan dividen di awal bulan Juli 2023. Setidaknya ada 37 emiten yang akan membagikan dividen pada minggu pertama bulan Juli 2023.

Emiten bluechips yang akan menebar dividen antara lain INDF dengan besaran dividen Rp 257 per saham dan yield 3,49 persen, ICBP dengan dividen Rp 188 per saham dan yield 1,66 persen, serta UNVR dengan dividen per saham Rp 71 dan yield 1,66 persen.

Lalu, MAPI dengan dividen Rp 8 per saham dan yield 0,47 persen, LSIP dengan dividen Rp 53 per saham, dan yield 5,3 persen, serta ACES dengan dividen Rp 31,06 per saham dan yield 4,60 persen.

Baca juga: Menteri PUPR: Jangan Main-main dengan Uang Negara dalam Pengadaan Barang dan Jasa

Sementara, untuk saham emiten second liner di antaranya adalah KKGI dengan dividen Rp 25 per saham dan yield 5,29 persen, IPCM dengan dividen Rp 17,74 per saham dan yield 6,03 persen, serta ASRM dengan dividen Rp 65 per saham, dan yield 4,06 persen.

Kemudian, CFIN dengan dividen Rp 100 per saham dan yield 18,01 persen, BLUE dengan dividen Rp 33 per saham dan yield 9,94 persen, serta PANS dengan dividen Rp 250 per saham dan yield 13,05 persen.

Direktur Ekuator Swarna Investama Hans Kwee mengatakan, meskipun saham emiten second liner memiliki yield yang lebih tinggi, tetapi terkadang harganya akan turun sesudah ex date.

Baca juga: Sidang Perdana Fintech Lending iGrow vs Lender Bakal Bahas Upaya Mediasi

“Untuk yang yield tinggi, harganya akan kembali turun sebanyak dividen yang didapat sesudah ex date,” ujar Hans kepada Kontan.co.id, Minggu (2/7).

Menurut Hans, harga saham biasanya akan mulai naik sejak pengumuman dividen sampai dengan cum date. Jadi, kalau harga sudah naik banyak semenjak pengumuman dividen, sebaiknya jangan dibeli.

Oleh karena itu, Hans pun merekomendasikan saham-saham blue chips untuk dipilih, meskipun yield yang ditawarkan tidak setinggi saham-saham emiten second liners. (Reporter: Pulina Nityakanti | Editor: Wahyu T.Rahmawati)

Baca juga: BI Yakin Inflasi Indonesia Terkendali di Kisaran 2-4 Persen pada 2023

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Emiten Bagi Dividen di Awal Juli, Begini Rekomendasi Saham dari Analis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com