Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Otorita IKN Bujuk Jepang Berpartisipasi Bangun Kota Cerdas Nusantara

Kompas.com - 14/07/2023, 12:17 WIB
Ade Miranti Karunia,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comOtorita IKN ajak investor Jepang bangun kota cerdas di Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Ajakan itu disampaikan dalam kegiatan forum bisnis bertajuk Business Forum for Nusantara New Capital City-Green and Digital Transformation yang dihadiri para praktisi sekaligus perwakilan lembaga kenegaraan Jepang yang bergerak di sektor energi, konsultansi, konstruksi, dan lainnya.

Deputi Transformasi Hijau dan Digital Otorita Ibu Kota Nusantara Mohammed Ali Berawi dalam acara tersebut menyampaikan potensi investasi dalam smart city atau Kota Cerdas yang akan diterapkan di ibu kota negara baru Indonesia tersebut.

"Pembangunan gedung di Nusantara akan menerapkan sistem bangunan cerdas. Saya menyambut perusahaan Jepang berpartisipasi dalam pembangunan teknologi terkait Kota Cerdas termasuk infrastruktur dan bangunan cerdas sebagai teknologi yang terus berkembang secara aktif dan dinamis," ajak Ali melalui keterangan tertulis, Kamis (13/7/2023).

Baca juga: Di Forum PBB, Otorita IKN Sebut Nusantara Akan Jadi Kota Netral Karbon Pertama di RI

Lebih lanjut Ali bilang, utilisasi teknologi di Nusantara menjadi bagian penting dalam pembangunan kota. Dalam hal ini, Nusantara membedakan posisinya sebagai kota industri yang dapat mengembangkan industri teknologi semikonduktor, energi baru terbarukan, farmasi, dan sensor digital.

"Saya mengundang berbagai pihak, investor, inovator, thinker, manufaktur, developer dan berbagai pihak terkait untuk membangun peradaban kota masa depan bagi kita semua, global city for all," pungkasnya.

Sementara itu, President Director JETRO Takahashi Masakatsu, menuturkan, banyak perusahaan Jepang mengirimkan Letter of Intent (LoI) ke IKN.

"Pembangunan Nusantara merupakan golden opportunity bagi perusahaan Jepang dalam berpartisipasi di pembangunan berorientasi masa depan," ucap Takahashi.

Baca juga: Otorita IKN Siapkan Strategi Tangani Sampah di Kawasan Nusantara


Sebelumnya, Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono menyebutkan hingga 29 Juni 2023, terdapat 256 calon investor telah menyatakan minatnya berinvestasi di Nusantara.

Hal itu dia sampaikan langsung dalam Forum Investasi di IKN yang berlangsung di Hotel Rixos Astana, Kazakhstan, Selasa (4/7/2023).

"Kami menerima sebanyak 256 calon investor menyatakan ketertarikan berinvestasi di IKN melalui letter of interest (LoI) dan akan terus bertambah," ujar Bambang, melalui tayangan di kanal YouTube KBRI Astana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com