Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Uji Coba LRT Jabodebek? Siapkan Kartu Ini untuk Pembayaran Rp 1

Kompas.com - 14/07/2023, 10:50 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji coba operasional terbatas LRT Jabodebek dikenakan tarif Rp 1 per penumpang. Metode pembayarannya menggunakan kartu uang elektronik dan kartu multitrip (KMT).

Lantas kartu uang elektronik dan KMT apa saja yang bisa digunakan untuk pembayaran tiket uji coba LRT Jabodebek?

Manager Public Relations KAI Divisi LRT Jabodebek Kuswardojo mengatakan, saat uji coba peserta dapat melakukan tap in dan tap out menggunakan kartu uang elekronik e-Money dari Bank Mandiri, Tap Cash dari Bank BNI, Brizzi dari Bank BRI, dan Flazz dari Bank BCA.

"(Kartu uang elektronik yang bisa digunakan dari Bank) Mandiri, BNI, BRI, BCA," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (13/7/2023).

Selain kartu uang elektronik itu, peserta uji coba LRT Jabodebek juga bisa menggunakan kartu pintar berbayar (prepaid smart card) dari Bank DKI yaitu JakCard dan KMT yang biasa digunakan untuk pembayaran KRL Commuterline.

"Ya (termasuk KMT dan Jakcard)," kata dia.

Baca juga: Menhub Harap 140.000 Orang Beralih Gunakan LRT Jabodebek

Namun berdasarkan pengalaman Kompas.com saat mengikuti uji coba pada Rabu (12/7/2023) kemarin, sebaiknya peserta uji coba LRT Jabodebek membawa kartu uang elektronik lebih dari satu. Hal ini untuk mengantisipasi jika kartu uang elektronik tidak bisa digunakan.

Pasalnya, saat Kompas.com mencoba tap in di gerbang masuk Stasiun Harjamukti menggunakan kartu Flazz ternyata kartu tersebut tidak bisa digunakan. Padahal saldo saat itu masih mencukupi untuk membayar tarif yang hanya sebesar Rp 1.

Saat kejadian, layar yang ada di gerbang masuk stasiun tertulis 'Transaksi gagal. Stasiun Kartu tidak dikenal. Silakan hubungi petugas'. Petugas akhirnya menyarankan untuk menggunakan kartu lain.

Baca juga: Kuota Penuh dalam 3 Jam, KAI Berencana Buka Lagi Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek

Tampilan layar gerbang masuk Stasiun LRT Harjamukti saat gagal tap in menggunakan kartu Flazz, Rabu (12/5/2023).KOMPAS.com/Isna Rifka Sri Rahayu Tampilan layar gerbang masuk Stasiun LRT Harjamukti saat gagal tap in menggunakan kartu Flazz, Rabu (12/5/2023).

Salah satu teman Kompas.com juga mengalami kejadian serupa ketika menggunakan kartu Flazz untuk tap in. Sementara yang lainnya mengaku lancar saat tap in menggunakan kartu Flazz.

Saat dimintai penjelasan mengenai hal ini, Kuswardojo mengatakan akan menanyakan masalah ini ke pihak terkait.

"Seharusnya bisa sih. Coba nanti saya konfirmasi ke tim komersialnya," ucapnya.

Baca juga: Kata Bos MRT Usai Uji Coba LRT Jabodebek: Ngeri-ngeri Sedap, So Far Oke

Sebagai informasi, uji coba LRT Jabodebek dilaksanakan selama 12 Juli-15 Agustus 2023 dan dibagi menjadi dua tahap.

Tahap pertama 12-26 Juli 2023 untuk peserta undangan terbatas dari kementerian dan lembaga, jurnalis atau media, dan komunitas.

Tahap kedua 27 Juli-15 Agustus 2023 untuk masyarakat umum yang telah mengisi link pendaftaran yang disediakan oleh pihak operator LRT Jabodebek pada 10 Juli 2023.

Baca juga: Mulai 27 Juli 2023, Uji Coba LRT Jabodebek untuk Masyarakat Umum

 

Bagi para peserta uji coba LRT Jabodebek wajib membawa kartu uang elektronik atau KMT karena pada uji coba ini dikenakan tarif Rp 1.

Kartu uang elektronik atau KMT ini diperlukan untuk tap in dan tap out di gerbang masuk stasiun keberangkatan dan tujuan saat uji coba LRT Jabodebek.

Baca juga: Bocoran Tarif LRT: Rp 5.000 Kilometer Pertama, Paling Mahal Rp 25.000

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com