Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Erick Thohir Janjikan 88 Proyek BUMN Rampung hingga 2024

Kompas.com - 15/07/2023, 19:10 WIB
Yohana Artha Uly,
Akhdi Martin Pratama

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku menjanjikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menyelesaikan 88 proyek di BUMN hingga 2024.

Ia menuturkan, sejak awal menjabat telah diberikan tugas oleh Jokowi untuk merampungkan 12 tugas. Namun, dalam dua tahun menjadi Menteri BUMN ada 10 tugas yang rampung, dan 2 sisanya gagal.

"Dari 12 itu dalam dua tahun 10 selesai, 2 gagal. Jadi tidak ada yang namanya sebuah target itu sempurna, pasti ada kegagalan," ujar Erick Thohir dalam acara Young On Top National Conference (YOTNC) 2023, Sabtu (15/7/2023).

"Tapi karena kegagalan itu saya datang lagi ke beliau. 'Pak ini target 12 selesai 10, 2 gagal'. Beliau memaklumi, beliau pertanyakan kenapa gagal dan saya jelaskan," lanjut dia.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan MotoGP Mandalika Digelar Oktober 2023

Belajar dari pengerjaan tugas sebelumnya, Erick bilang, dirinya terpacu untuk mengerjakan dengan lebih baik lagi. Oleh sebab itu, ia menjanjikan 88 proyek akan rampung hingga berakhir masa jabatan Jokowi.

Menurutnya, hingga akhir tahun ini total ada 70 proyek akan rampung. Artinya, masih ada 18 proyek di BUMN yang masih harus diselesaikan Erick.

"'Pak ini 88 proyek yang juta selesaikan sampai 2024'. Alhamdulillah di akhir tahun ini, dari 88 kita bisa selesaikan 70. Srtinya masih ada 18, dan kemungkinakan gagal masih ada," ungkapnya.

Baca juga: Erick Thohir Optimistis RS Taraf Internasional di Bali Bakal Cegah 2 Juta Orang Berobat ke Luar Negeri

Kendati demikian, Erick enggan merinci proyek apa saja yang sudah dan akan dirampungkan. Ia hanya menyebutkan contoh proyek yang sudah rampung, salah satunya Pertamina Geothermal Energy (PGE) yang berhasil IPO di Bursa Efek Indonesia.

Kemudian ada proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang sudah rampung dan akan diresmikan bulan depan oleh Jokowi.

"Banyak (jumlah proyeknya), kemarin sudah go public (Pertamina) geothermal karena kita mendorong renewable energy, lalu beroperasinya kereta cepat. Ada 88 lah, banyak," pungkas Erick Thohir.

Baca juga: RS Internasional Dibangun di Bali, Erick Thohir Ajak Dokter Diaspora Balik ke RI

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com