Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angkut Kargo "Chemical", Pertamina Beli Kapal Tanker "Medium Range"

Kompas.com - 17/07/2023, 20:31 WIB
Aprillia Ika

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Pertamina (Persero) yakni PT Pertamina International Shipping (PIS) membeli kapal tanker untuk kebutuhan ekspansi global. Kapal tanker yang dinamai PIS Sumatera tersebut senilai 32,5 juta dollar AS.

Menurut CEO PIS Yoki Firnandi, kapal tanker baru tersebut masuk kategori Medium Range (MR). Kapasitas muatan mencapai 40.000 MT.

Kapal baru milik PIS ini dikelola oleh anak usaha PIS, yakni PIS Asia Pacific.
PIS Sumatera bakal bertugas untuk mengangkut kargo chemical, dan Clean Product Petroleum.

"Penamaan PIS Sumatera diambil dari nama salah satu pulau di Indonesia, dengan tujuan untuk mempromosikan pulau-pulau di Indonesia saat kapal PIS berlayar di perairan mancanegara,” ujar Yoki melalui keterangan pers, Senin (17/7/2023).

Baca juga: Indonesia Sita Kapal Tanker Berbendera Iran, Diduga Transfer Ilegal Minyak Mentah

Dia menambahkan, penambahan armada kapal ini merupakan salah satu strategi investasi PIS untuk meningkatkan market share PIS, terutama di luar negeri.

“Dengan strategi bisnis yang semakin matang, PIS akan terus berupaya mengembangkan lini bisnisnya untuk mewujudkan visi menjadi perusahaan marine logistik terkemuka di Asia, dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia,” pungkas Yoki.

Sebagai informasi, perjanjian pembelian kapal tanker MR ini diteken oleh Managing Director PIS Asia Pacific (AP) Muhamad Resa dengan Asset Management Director Scorpio Tanker Inc Demetris Nenes, di Singapura, Rabu (12/7/2023).

Baca juga: Kemenhub Berhasil Evakuasi Tanker MT Young Yong yang Kandas di Perairan Batam

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com