Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semen Indonesia Jamin Konstruksi LRT Jabodebek Berumur Panjang

Kompas.com - 03/09/2023, 12:18 WIB
Kiki Safitri,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SMGR memastikan bahwa beton penopang konstruksi LRT Jabodebek telah melewati uji standar dan tersertifikasi.

Corporate Secretary Semen Indonesia Vita Mahreyni mengatakan, dalam memproduksi beton pihaknya turut menggunakan teknologi sebagai upaya mendorong kualitas.

SMGR, memastikan produk beton yang digunakan dalam mendukung ketahanan konstruksi LRT merupakan yang berkualitas tinggi dan tersertifikasi.

Baca juga: LRT Jabodebek Gangguan di Awal Operasi, Ini Penyebabnya Kata Pengamat

“Produk agregat dari SMGR tersebut telah memenuhi standar ASTM (American Standard Testing and Material), sebuah organisasi dunia yang mengembangkan standardisasi teknik untuk material, produk, sistem dan jasa,” kata Vita Mahreyni dalam siaran pers Sabtu (2/9/2023).

“Untuk mewujudkan konstruksi yang kokoh dan dapat diandalkan dalam jangka panjang, SMGR memasok beton performa tinggi pada pembangunan LRT Cawang – Dukuh Atas. Sebelumnya, SMGR juga sudah terlibat memasok beton untuk proyek LRT Kelapa Gading,” tambahnya.

Dia berharap, kehadiran LRT Jabodebek dapat menarik masyarakat menggunakan moda transportasi publik untuk mengurangi tingkat kemacetan dan polusi yang kerap menjadi persoalan di kawasan ibu kota.

Baca juga: Hari Kelima Beroperasi Pintu LRT Jabodebek Eror Lagi, Manajemen: Langsung Diperbaiki

Vita mengungkapkan, sebagai perusahaan BUMN di bidang solusi bahan bangunan, kontribudi Semen Indonesia dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional seperti LRT Jabodebek, diharapkan mampu mendukung mobilitas masyarakat yang lebih lancar, cepat, nyaman, dan tanpa polusi.

Adapun produk beton yang dipasok dari batching plant SMGR di Pulogadung Jakarta Timur, Kuningan Jakarta Selatan, dan Sentul Bogor di antaranya CastoCrete, solusi beton untuk produksi beton pra cetak (precast) atau pra tekan yang umumnya membutuhkan kuat tekan awal yang tinggi. Kemudian PileCrete, solusi beton berperforma tinggi untuk struktur pondasi tiang (bore pile).

Pada proyek LRT Cawang - Dukuh Atas, produk beton Semen Indonesia digunakan pada jenis pekerjaan pondasi tiang (bore pile) LRT, tiang pancang LRT, jalur LRT, lantai kerja LRT, dan girder (penopang) jembatan.

Baca juga: Mencicipi Sensasi Menaiki LRT Jabodebek

Selain memasok beton di proyek LRT, SMGR juga memasok agregat kasar (material campuran beton) jenis batu split berukuran 10 – 20 mm yang dikirim ke pabrik precast di Plant Sentul dan Plant Gatot Subroto untuk proyek pembangunan LRT Cibubur - Cawang - Dukuh Atas.

Selain itu, produk agregat yang berasal dari area penambangan di Maloko, Rumpin, Bogor, tersebut, juga memiliki sejumlah keunggulan, baik dari sisi kualitas ukuran (gradasi), berat jenis batu (density), kebersihan batu (washing lost), dan berbagai aspek teknis lainnya, serta dari sisi kuantitas dengan komitmen terjaminannya pasokan material ke proyek.

Ukuran produk agregat yang dipasok sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan yaitu 10 – 20 mm. Agregat juga berbentuk kubikal (kotak) sehingga lebih masif dan kuat saat bercampur dengan semen untuk pembuatan beton precast.

“Kombinasi keduanya memberikan kekuatan yang pada akhirnya mempengaruhi stabilitas dalam campuran karena masing-masing partikel agregat kasar saling mengunci. Dari sisi berat jenis, produk agregat SMGR berada pada kisaran 2,59 yang membuat beton memiliki kuat tekan yang lebih baik,” kata Vita.

Baca juga: Kata Jokowi soal Gangguan yang Dialami LRT Jabodebek

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com