Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Harga Tiket Pesawat Kertajati-Bali Lebih Murah ketimbang dari Jakarta?

Kompas.com - 12/10/2023, 14:30 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Aprillia Ika

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Maria Kristi Endah Murni mengungkapkan harga tiket penerbangan dari Bandara Kertajati (KJT) ke Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (DPS) lebih murah dibandingkan jika berangkat dari Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta (CGK).

Bahkan menurutnya, selisih harga tiket pesawat antara kedua bandara tersebut ke Bali bisa mencapai Rp 100.000.

"CGK-DPS dijual Rp 700.000 paling murah, sedangkan KJT-DPS dijual Rp 600.000 paling murah. Sudah lebih rendah Rp 100.000," ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (12/10/2023).

Baca juga: AP II Pastikan Bandara Kertajati Telah Siap Terima Perpindahan Penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara

Berdasarkan penelusuran Kompas.com di aplikasi Traveloka diketahui harga tiket pesawat ke Bali jika terbang dari Bandara Kertajati memang lebih murah dari Bandara Soekarno Hatta meskipun selisihnya tidak jauh berbeda yaitu sekitar Rp 36.000.

Adapun harga tiket pesawat dari Bandara Soekarno Hatta ke Bali untuk keberangkatan 30 Oktober 2023 yang termurah sebesar Rp 640.200 dengan pesawat AirAsia.

Sedangkan harga tiket pesawat dari Bandara Kertajati ke Bali untuk tanggal keberangkatan yang sama, hanya dibanderol Rp 604.100 dengan pesawat Super Air Jet.

Baca juga: Bocorkan Rute Kereta Cepat Menuju Surabaya, Luhut: Lewati Kertajati, Jogja, Solo...

Kendati demikian, berbagai maskapai bakal memberikan diskon tiket pesawat untuk penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Diskon ini bersamaan dengan perpindahan penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara Bandung ke Bandara Kertajati per 29 Oktober 2023.

Namun Maria bilang, pemberian diskon tiket pesawat ini merupakan inisiatif dari maskapai dan bukan wewenang Kemenhub.

"Airlinesnya sendiri juga sudah memberi diskon-diskon untuk dari dan ke Kertajati," ungkapnya.

"(Inisiatif) maskapainya. Kita kan bukan operator, saya enggak jualan tiket," tambahnya.

Baca juga: Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein, Harga Tiket Pesawat Tak Beda Jauh


Mengutip Tribunnews.com, tiga maskapai penerbangan mulai menjual tiket rute penerbangan dari Bandara Kertajati ke Batam, Palembang, Medan, Bali, Makassar, Balikpapan, dan Banjarmasin.

Dikutip dari laman superairjet.com, tiket penerbangan dari BIJB Kertajati ke Denpasar, Bali, pada 29 Oktober 2023 dimulai dari harga promosi Rp 736.300 dan kelas ekonomi Rp 802.900.

Selain itu, maskapai Citilink pada 29 Oktober 2023 juga mulai melayani penerbangan dari Bandara Kertajati ke Bali, yang dijadwalkan take off pukul 12.50 WIB, dan harga tiketnya Rp 1.536.421.

AirAsia yang menjadi maskapai ketiga yang mulai beroperasi di BIJB Kertajati pada bulan depan juga membuka rute penerbangan tujuan Denpasar dengan tiket seharga Rp 843.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com