Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Kertajati Gantikan Bandara Husein, Harga Tiket Pesawat Tak Beda Jauh

Kompas.com - 16/09/2023, 12:00 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat akan menggantikan Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat mulai 29 Oktober 2023.

Nantinya, penerbangan berjadwal dari dan ke Bandara Husein menggunakan pesawat jet akan berpindah ke Bandara Kertajati.

Lantas dengan perubahan ini apakah akan berpengaruh pada harga tiket pesawat? Lebih murah mana harga tiket pesawat antara kedua bandara tersebut?

Baca juga: Promo Tarif Angkutan Umum ke Bandara Kertajati, Cek Daftarnya

Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi mengatakan, tarif penerbangan kedua bandara ini sangat kompetitif sehingga tidak ada perbedaan yang signifikan pada harga tiket pesawat.

"Tarif antara Bandung dengan Kertajati ini sebetulnya sangat-sangat kompetitif, tidak banyak perbedaan karena kalau dari sisi letak kan sebenarnya bandara ini dekat, sama-sama dekat tidak terlalu jauh," ujarnya saat media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Dia menjelaskan, akan ada sedikit perbedaan tarif jika mengikuti aturan tarif batas atas (TBA) dan tarif batas bawah (TBB) tiket pesawat masing-masing bandara.

Baca juga: Gantikan Bandara Husein, Bandara Kertajati Layani 3.200 Penumpang Per Hari

Misalnya, untuk penerbangan rute Bandung ke wilayah Timur jaraknya lebih dekat dengan Bandara Husein. Namun jika penerbangan rute Bandung ke wilayah Barat tentu akan lebih dekat jaraknya ke Bandara Kertajati.

"Tapi secara komprehensif, ini sama juga pricing-nya, jadi tidak perlu khawatir. Kalau saya lihat data kami, kalau kita bicara regulasi misalnya ya, Bandung-Balikpapan itu TBA-nya katakanlah sekitar Rp 1,3 juta, tetapi kalau dari Kertajati itu Rp 1,2 juta. Mirip-mirip, enggak terlalu banyak lah (bedanya)," jelas Putu.

Kendati demikian, dia mengklaim biaya yang dikeluarkan untuk ongkos angkutan dari atau ke bandara akan lebih murah di Bandara Kertajati.

Baca juga: Menhub: Bandara Kertajati Berfungsi Penuh 28 Oktober 2023

Pasalnya, selama Oktober-Desember 2023 terdapat diskon tarif angkutan antar moda sebesar rata-rata 20 persen di Bandara Kertajati.

"Justru supporting-nya akan dapat dari ada cost yang juga dikurangi. Dari Ditjen Darat yang tadi sudah memberikan insentif untuk pelayanan-pelayanan lain dan juga ditambah dari sisi angkutan daratnya," ungkapnya.

"Memang ini saya kira antara Bandung dan Kertajati sama-sama kompetitif, tidak terlalu beda dan malah lebih rendah di Kertajati ya daripada dari Bandung," tuturnya.

Baca juga: Investor Asing Lirik Bandara Kertajati, MTI: Sinyal Positif untuk Atasi Permasalahan

Sebagai informasi, rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati adalah rute yang saat ini dilayani dengan pesawat jet oleh maskapai PT Citilink Indonesia, PT Indonesia AirAsia, dan PT Super Air Jet.

Terdapat 7 rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan ke Bandara Kertajati, yakni rute Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang dengan kapasitas tempat duduk sebesar total 32.760 penumpang per minggu atau 4.680 pax/hari.

Rute penerbangan niaga berjadwal dalam negeri yang masih dilayani dari Bandara Husein adalah pesawat propeller, dari atau ke Bandara Adisutjipto oleh Wings Air dengan pesawat ATR 72-600.

Baca juga: Blue Bird Siap Layani Shuttle Bus dan Taksi di Bandara Kertajati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com