Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Pendaftaran CPNS 2023 Dibuka Besok

Kompas.com - 16/09/2023, 10:04 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Kapan seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023 dibuka? Pertanyaan tersebut tengah ramai perbincangan publik, seiring dengan rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) tahun ini.

Seperti diketahui, pemerintah akan kembali diadakan seleksi CPNS untuk instansi pemerintah pusat.

Berdasarkan formasi yang disetujui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), dialokasikan sebanyak 28.903 formasi CPNS yang diusulkan oleh 72 kementerian/lembaga (K/L).

Sementara itu, tidak ada formasi CPNS yang dibuka untuk instansi pemerintah daerah. Formasi instansi daerah dikhususkan untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), yaitu PPPK Guru, PPPK Tenaga Kesehatan, dan PPPK Teknis.

Lantas, kapan CPNS 2023 dibuka?

Baca juga: Ketahui, Ini Rincian Lengkap Formasi CPNS dan PPPK 2023

CPNS 2023 dibuka 17 September 2023

Merujuk jadwal resmi yang sudah dirilis, pendaftaran CPNS 2023 melalui website Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) akan dibuka besok, Minggu 17 September 2023.

Sejauh ini belum ada pengumuman mengenai mundurnya jadwal pembukaan pendaftaran CPNS 2023.

Adapun portal pendaftaran SSCASN untuk seleksi CPNS 2023, https://sscasn.bkn.go.id, juga akan dibuka pada Minggu, 17 September.

Nantinya, seluruh peserta diwajibkan membuat akun baru SSCASN, termasuk bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi CPNS sebelumnya.

Baca juga: Tahun Ini, Tak Ada Alokasi Formasi CPNS di Instansi Pemerintah Daerah

Untuk mendaftar akun SSCASN, diperlukan sejumlah data pribadi seperti nama lengkap, NIK, nomor Kartu Keluarga (KK), nomor handphone, hingga alamat e-mail aktif.

Akun SSCASN ini akan digunakan selama proses seleksi, dari pendaftaran, tes, pemberkasan, hingga pengusulan penetapan NIP.

“Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya,“ ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen dikutip Kompas.com, Sabtu (16/9/2023).

Baca juga: Semua Pelamar CPNS 2023 Wajib Buat Akun Baru SSCASN, Ini Caranya

Sebagai informasi, BKN menambahkan tiga fitur baru dalam laman SSCASN yaitu ASN Karier, e-Meterai, dan sertifikat CAT.

Tahun ini, calon pelamar dapat melihat detail informasi mengenai jabatan yang dibuka tugas, dan persyaratannya melalui laman SSCASN di menu ASN Karier.

Informasi selengkapnya mengenai fitur-fitur baru dalam laman resmi SSCASN dapat diakses di sini.

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Seleksi CPNS 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com