Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BKN Tambah 3 Fitur Baru di SSCASN, Apa Saja?

Kompas.com - 14/09/2023, 20:01 WIB
Mela Arnani

Penulis

KOMPAS.com - Badan Kepegawaian Negara (BKN) menambahkan beberapa fitur baru dalam laman Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN), https://sscasn.bkn.go.id, yaitu portal ASN Karier, e-Meterai, dan sertifikat CAT.

Pengembangan fitur-fitur ini bekerjasama dengan sejumlah instansi pemerintah, seperti Badan Aksebilitas Telekomunikasi dan Teknologi (BAKTI), Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Percetakan Uang Republik Indonesia (PERURI).

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjelaskan, seluruh pelamar CPNS maupun PPPK wajib memiliki akun SSCASN, termasuk bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi CASN sebelumnya.

Baca juga: Ketahui, Ini Rincian Lengkap Formasi CPNS dan PPPK 2023

Untuk mendukung kelancaran pembuatan akun SSCASN ini, BKN telah melakukan integrasi dengan Dukcapil dari Kemendagri selaku instansi yang bertanggung jawab penuh atas data kependudukan.

"Saat portal pendaftaran yang rencananya akan dibuka pada 17 September 2023 mendatang, seluruh calon pelamar diwajibkan membuat akun baru di portal, baik bagi pelamar yang baru pertama kali melakukan pendaftaran maupun bagi pelamar yang sudah pernah mengikuti seleksi sebelumnya," ujar Suharmen dalam Konferensi Pers BKN tentang Kesiapan Infrastruktur dan Teknologi Informasi Seleksi CASN 2023, Kamis (14/9/2023).

Baca juga: Catat, Ini Jadwal Seleksi CPNS 2023

Fitur baru SSCASN

Fitur baru ASN Karier memberikan informasi terkait rincian jabatan yang dibuka dalam seleksi CASN tahun ini, baik formasi calon pegawai negeri sipil (CPNS) maupun pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Perlu diketahui, dalam seleksi CASN tahun 2023, akan kembali diterapkan aturan penggunaan materai elektronik atau e-Meterai yang disediakan oleh PERURI.

Sementara itu, hasil dari seleksi kompetensi dasar (SKD) akan diterbitkan dalam bentuk sertifikat dan berlaku sampai dengan seleksi pengadaan PNS satu periode berikutnya.

Selain itu, terkait dengan sejumlah formasi jabatan yang akan dibuka pada seleksi tahun ini seperti tenaga kesehatan dan guru, portal SSCASN telah terintegrasi dengan data Dapodik dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dan SISDMK dari Kementerian Kesehatan.

Baca juga: Cara Daftar CPNS 2023 dan Syaratnya

BKN mengimbau kepada seluruh calon pelamar CASN 2023 untuk dapat mencermati persyaratan administrasi dan syarat tambahan pada pengumuman dari instansi yang akan dilamar.

Nantinya, setiap instansi yang turut mengalokasikan kursi dalam seleksi CPNS dan PPPK akan mengumumkan secara resmi terkait posisi yang dibuka dan kualifikasinya.

Untuk itu, masyarakat yang berkeinginan menjadi abdi negara melalui seleksi CASN tahun ini, dapat memantau setiap perkembangan informasi secara berkala.

 

Pelamar juga diminta untuk mengikuti perkembangan informasi seleksi CPNS dan PPPK 2023 melalui kanal informasi resmi pemerintah.

Baca juga: Cara Daftar Akun SSCASN untuk Seleksi CPNS dan PPPK 2023

Baca juga: Resmi, Ini Jadwal Seleksi CPNS 2023

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com