Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gantikan Bandara Husein, Bandara Kertajati Layani 3.200 Penumpang Per Hari

Kompas.com - 16/09/2023, 09:25 WIB
Isna Rifka Sri Rahayu,
Yoga Sukmana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan Bandara Kertajati, Jawa Barat dapat melayani hingga 6.000 penumpang hingga akhir 2023.

Hal ini seiring dengan berpindahnya penerbangan dari Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat ke Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat pada 29 Oktober 2023.

Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Putu Eka Cahyadi mengatakan, dengan adanya perpindahan tersebut maka diperkirakan trafik penumpang Bandara Kertajati akan menjadi 3.200 penumpang per hari dari saat ini 340 penumpang per hari.

Baca juga: Mulai 29 Oktober 2023, Bandara Kertajati akan Gantikan Bandara Husein Sastranegara

Kemudian trafik penerbangan Bandara Kertajati juga akan ditambahkan dari trafik Bandara Husein, yaitu dari 2 pergerakan menjadi 30 pergerakan.

"Kita prediksi ya mungkin 5.000-6.000 passenger itu akan tetap dilayani sampai dengan akhir tahun ini," ujarnya saat media briefing di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Lebih lanjut dia menjelaskan, Bandara Kertajati juga akan menyambut musim puncak (peak season) dengan adanya libur Natal dan Tahun Baru pada Desember 2023 sehingga jumlah penumpang menjadi terdongkrak karena banyak masyarakat melakukan mudik atau liburan.

Baca juga: Menhub: Bandara Kertajati Berfungsi Penuh 28 Oktober 2023

Tidak hanya itu, jumlah penumpang Bandara Kertajati juga akan meningkat didukung oleh adanya promo tarif angkutan antarmoda dari dan menuju Bandara Kertajadi selama Oktober-Desember 2023.

Adapun besaran promo tarifnya rata-rata sebesar 20 persen. Misalnya tarif bus Damri dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati harga normalnya Rp 100.000 menjadi Rp 80.000 dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam. Sementara untuk taksi Blue Bird akan memberikan diskon hingga Rp 50.000 dari total tarif berdasarkan jarak yang ditempuh.

"Tadi rekan-rekan Ditjen Darat sudah memberikan dukungan, jadi tidak ada kekhawatiran misalnya, tentu dari sisi waktu kemudian biaya yang dikeluarkan juga sangat kompetitif," ucapnya.

Baca juga: Rute dan Jadwal Damri Bandara Kertajati, Tarif mulai Rp 80.000

Sebagai informasi, mulai 29 Oktober 2023 Bandara Husein Sastranegara akan digunakan untuk melayani penerbangan berjadwal dalam negeri intra Pulau Jawa dengan pesawat Propeller, serta penerbangan tidak berjadwal dalam negeri.

Sementara Bandara Kertajati akan melayani penerbangan berjadwal dalam negeri dan luar negeri dengan pesawat jet dan penerbangan tidak berjadwal dalam negeri dan luar negeri.

Rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati adalah rute yang saat ini dilayani dengan pesawat Jet oleh maskapai PT Citilink Indonesia, PT Indonesia AirAsia, dan PT Super Air Jet.

Terdapat 7 rute penerbangan dalam negeri yang dialihkan ke Bandara Kertajati, yakni rute Balikpapan, Banjarmasin, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Palembang dengan kapasitas tempat duduk sebesar total 32.760 penumpang per minggu atau 4.680 pax per hari.

Baca juga: Blue Bird Siap Layani Shuttle Bus dan Taksi di Bandara Kertajati

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com